SITI IMAROTUL KHOIRIYAH, 12204183241 (2022) BERPIKIR ALJABAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa masih kurang. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam membuat model matematika, membuat bentuk aljabar yang ekuivalen, serta melakukan operasi bentuk aljabar. Berdasarkan hal tersebut salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah berpikir aljabar, karena berpikir aljabar merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa tingkat menengah pertama. Dikatakan berpikir aljabar apabila siswa mampu mengembangkan penalaran matematika dengan membangun makna berupa simbol dan operasi aljabar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah SPLDV ; 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV; 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 6 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini: 1) Kemampuan berpikir aljabar siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal SPLDV berada pada TKBA 3, yaitu siswa mampu menunjukkan aktivitas generational, transformationa, dan global meta-level; 2) Kemampuan berpikir aljabar siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal SPLDV berada pada TKBA 2 dan TKBA 1, yaitu siswa hanya mampu menunjukkan aktivitas generational dan transformational atau transformational saja; 3) Kemampuan berpikir aljabar siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal SPLDV berada pada TKBA 1, yaitu siswa hanya mampu menunjukkan aktivitas generational saja. Namun terdapat beberapa siswa berkemampuan rendah yang tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabar sama sekali, sehingga mereka berada pada TKBA 0.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183241 SITI IMAROTUL KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:16 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31567 |
Actions (login required)
View Item |