KOKO SUMANTRI, 3211113102 (2016) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI I BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015. [ Skripsi ]
Text
bagian awal.pdf Download (333kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB I-V.pdf Download (343kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015” ini di tulis oleh Koko Sumantri, NIM. 3211113102, pembimbing H. Zaini, M.Pd.I. Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa menganggap pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kurang penting bagi siswa. Dalam hal ini peneliti akan melihat bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015? (2) Bagaimanakah kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan media Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015? (3) Bagaimanakah kompetensi profesinal guru dalam penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan belajar siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Kompetensi Profesional Guru dalam penguasaan materi Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung (2) untuk mengetahui Kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan media Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung (3) untuk mengetahui Kompetensi profesional guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan belajar siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala SMKN 1 Bandung,sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI), bagi para guru PAI SMKN 1 Bandung di gunakan sebagai dasar acuan pembelajaran PAI. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau refrensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Dalam penelitian ini di gunakan metode penelitian: (1) Pendekatan dan Jenis penelitian, pendekatan atau pola penelitian yang di gunakan adalah deskriptif dan jenis penelitiannya adalah kualitatif (2) Lokasi penelitian, lokasi penelitian skripsi ini mengambil lokasi di lembaga sekolah SMKN 1 Bandung Tulungagung (3) kehadiran peneliti, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif maka peneliti hadir langsung ke lokasi penelitian yaitu SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung (4) Data dan sumber data, sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-dan tindakan selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain (5) Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi (6) Teknik analisis data, dalam penelitian kualitatif di bagi dalam tiga tahapan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verivikasi (7) Pengecekan keabsahan temuan, adapun langkah-langkahnya adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, trianggulasi, pemeriksaan sejawat (8) Tahap-tahap penelitian, tahap-tahapnya adalah tahap pendahuluan atau perlapangan, tahap pelaksanaan,tahap laporan. Hasil penelitian yang telah di lakukan adalah (a) Kompetensi profesinal guru dalam penguasaan Materi PAI untuk meningkatkan belajar siswa di SMKN 1 Bandung. melalui pendidikan dan pelatihan, peningkatan penguasaan materi secara mandiri (b) Kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan Media PAI dalam meningkatkan Belajar Siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Guru yang Profesional dalam merancang pembelajaran selalu mengunakan berbagai media yang relevan (c) Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Belajar Siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung langkah-langkah penguasai materi: Guru berusaha menguasai berbagai metode pembelajaran, Kepala Sekolah selalu menganjurkan kepada para guru agar dalam menyampaikan materi pelajaran harus memilih metode yang tepat dan bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 3211113102 KOKO SUMANTRI |
Date Deposited: | 06 Jan 2016 07:57 |
Last Modified: | 06 Jan 2016 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3163 |
Actions (login required)
View Item |