SHINTA IKRANA MAHARANI, 12203173221 (2022) ENHANCING STUDENTS’ PRONUNCIATION ABILITY BY USING TONGUE TWISTER TECHNIQUE AT MA AT TOHIRIYAH NGANTRU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (787kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
Abstract
Maharani, Shinta Ikrana. NIM. 12203173221. 2021. Enhancing Students’ Pronunciation by using Tongue Twister Technique at MA At Thohiriyah Ngantru. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Susanto, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Meningkatkan, Kemampuan Pronunciation, Materi, Tehnik Tongue Twister Pronunciation merupakan salah satu komponen bahasa yang memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris. Kesalahan terhadap pronunciation dapat menyebabkan missunderstanding. Dalam pembelajarannya, pronunciation tergolong susah untuk dipelajari karena berbagai faktor. Karena pentingnya pronunciation dalam speaking, maka diperlukan tehnik belajar yang mudah diaplikasikan, efektif serta menyenangkan untuk proses belajar mengajar dengan media yang sesuai yang mengundang partisipasi siswa. Tehnik belajar pronunciation salah satunya adalah tehnik Tongue twister yang mudah diaplikasikan dan menyenangkan dan dapat mendukung pembelajaran siswa. Studi ini dilakukan untuk memverifikasi apakah penggunaan tehnik Tongue twister efektif untuk mengajarkan kemampuan pronunciation siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Is there any significant difference score in pronunciation of the students’ taught by using Tongue twister technique and those taught by using a conventional technique?”. Metode penelitian: 1) desain penelitian penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, 2) populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di Tulungagung, 3) sampelnya adalah kelas XI IPA 1 dari MA At Thohiriyah Ngantru yang terdiri dari 24 siswa dan XI IPA 2 kelas terdiri dari 22 siswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, 4) instrumen penelitian adalah tes, 5) analisis data menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tehnik Tongue twister efektif untuk meningkatkan penguasaan kemampuan pronunciation siswa dalam kelompok eksperimen. Keefektifan tehnik Tongue twister dapat ditunjukkan dalam uraian berikut: 1) Jumlah score nilai kelompok eksperimen pada post-test adalah 2.088, sedangkan kelas non-experimental jumlah score nilainya adalah 1.092. Selisih yang diperoleh dari kedua jumlah skor adalah 99. 2) Dari perbedaan jumlah score nilai yang diperoleh antara kelas experiment dan kelas non-experiment, diketahui bahwa kelompok eksperimen mendapatkan jumlah nilai score yang lebih baik dibanding kelas non-experiment. 3) hasil penghitungan jumlah score post- test kedua kelompok dengan menggunakan independent t-test pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig-2 tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor yang signifikan dalampronunciation kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan tehnik Tongue twister dan yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, hipotesis Null yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan skor pronunciation ability siswa yang diajar dengan menggunakan tehnik Tongue twister dan yang diajar dengan menggunakan tehnik konvensional di kelas dua MA At Thohiriyah Ngantru ditolak dan hipotesis Alternatif yang mengatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan skor pronunciation ability siswa yang diajar dengan menggunakan tehnik Tongue twister dan yang diajar dengan menggunakan tehnik konvensional di kelas dua MA At Thohiriyah Ngantru diterima. Perbedaan skor pronunciation siswa yang diajar dengan menggunakan tehnik Tongue twsiter dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional di kelas dua MA At Thohiriyah Ngantru diterima. Dengan demikian, tehnik Tongue twsiter merupakan tehnik yang efektif untuk mengajarkan pronunciation ability siswa dan tehnik ini disarankan serta direkomendasikan untuk meningkatkan pronunciation siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | S1 12203173221 SHINTA IKRANA MAHARANI |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31645 |
Actions (login required)
View Item |