PENYELENGGARAAN RUMAH TANGGA BAGI KELUARGA PEKERJA MIGRAN PEREMPUAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

NUR AZIZAH FATMAWATI, 12102183089 (2022) PENYELENGGARAAN RUMAH TANGGA BAGI KELUARGA PEKERJA MIGRAN PEREMPUAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Azizah Fatmawati 12102183089, Penyelenggaraan Rumah Tangga Bagi Keluarga Pekerja Migran Perempuan Ditinjau Dari Hukum Islam, Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing : Dr. Zulfatun Ni‟mah, S.H.I., M.Hum. Kata Kunci : Penyelenggaraan Rumah Tangga, Pekerja Migran, Hukum Islam Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal 34 ayat 2, istri harus menyelenggarakan urusan rumah-tangga dengan sebaik-baiknya. Bahwa di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung ada beberapa istri yang bekerja di luar negeri sebagai pekerja migran sehingga tidak bisa melakukan penyelenggaraan rumah tangga seperti memasak, mencuci dan membersihkan rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penyelenggaraan rumah tangga bagi keluarga pekerja migran perempuan di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana penyelenggaraan rumah tangga bagi keluarga pekerja migran perempuan ditinjau dari hukum Islam di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah hukum empiris dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada istri, suami dan anak pekerja migran tentang penyelenggaraan rumah tangga bagi keluarga pekerja migran perempuan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penyelenggaraan rumah tanga bagi keluarga pekerja migran perempuan di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dilakukan oleh suami dan dibantu anaknya berupa pekerjaan memasak, mencuci dan membersihkan rumah atas dasar musyawarah antara suami dan istri. 2) Ditinjau dari hukum Islam, penyelenggaraan rumah tangga bagi keluarga pekerja migran perempuan di Desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung hukumnya boleh, karena telah didasarkan pada musyawarah antara suami dan istri dan keduanya saling rela bertukar peran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183089 NUR AZIZAH FATMAWATI
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:45
Last Modified: 12 Dec 2022 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31698

Actions (login required)

View Item View Item