VIVI NI'MATUL ULA, 12204183050 (2022) KEMAMPUAN TRANSLASI REPRESENTASI SISWA PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIS KELAS VIII MTS PSM TANEN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Translasi Representasi Siswa Pada Materi Aljabar Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematis Kelas VIII MTs PSM Tanen” ini ditulis oleh Vivi Ni’matul Ula, NIM. 12204183050, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Translasi Representasi, Aljabar, Kemampuan Matematis. Representasi memiliki berbagai macam bentuk dalam mengungkapkan ide�ide seperti simbol, verbal, grafik, tabel, dan lain sebagainya. Dalam perubahan representasi sumber ke representasi target yang diminta, siswa harus memiliki kemampuan, khususnya kemampuan translasi representasi. Kemampuan translasi representasi penting dimiliki oleh siswa, karena dapat mencegah timbulnya miskonsepsi dalam menyelesaikan soal-soal serta membantu pemahaman siswa terhadap materi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) kemampuan translasi representasi siswa berkemampuan matematis tinggi pada materi aljabar kelas VIII MTs PSM Tanen, 2) kemampuan translasi representasi siswa berkemampuan matematis sedang pada materi aljabar kelas VIII MTs PSM Tanen, dan 3) kemampuan translasi representasi siswa berkemampuan matematis rendah pada materi aljabar kelas VIII MTs PSM Tanen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs PSM Tanen Rejotangan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan matematis yang berbeda yaitu siswa dengan kemampuan matematis tinggi, siswa dengan kemampuan matematis sedang, dan siswa dengan kemampuan matematis rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) kemampuan translasi representasi siswa berkemampuan matematis tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator translasi representasi dari bentuk verbal ke simbolik (V-S), namun tidak mampu memenuhi satu indikator pada translasi representasi dari bentuk simbolik ke verbal (S-V). b) kemampuan translasi representasi siswa berkemampuan matematis sedang mampu memenuhi keseluruhan indikator translasi representasi dari bentuk verbal ke simbolik (V-S), namun tidak mampu memenuhi tiga indikator pada translasi representasi dari bentuk simbolik ke verbal (S-V). c) kemampuan translasi representasi siswa berkemampuan matematis rendah tidak mampu memenuhi keseluruhan indikator untuk translasi representasi dari bentuk verbal ke simbolik (V-S) maupun translasi representasi dari simbolik ke verbal (S-V).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183050 VIVI NI'MATUL ULA |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 08:51 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31910 |
Actions (login required)
View Item |