Maryono, 198103302005011007 and Ummu Sholihah, 198008222008012018 (2022) Turnitin_Eksplorasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Kelas Kalkulus Integral Di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Mahasiswa. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, Metro.
Text
Turnitin_Eksplorasi TPACK 2022 (Aksioma).pdf Download (3MB) |
Abstract
Covid-19 telah mengubah tatanan dunia tidak terkecuali bidang pendidikan. Kegiatan tatap muka (pembelajaran luring) diganti dengan pembelajaran daring. Pada titik inilah seorang guru dituntut untuk memiliki Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan sebuah kerangka konseptual yang memperlihatkan hubungan antara tiga pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru, yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan TPACK pada kelas Kalkulus Integral dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Untuk menunjang data penelitian, diperlukan instrumen pendukung, yaitu: (1) Angket untuk memotret TPACK Dosen pada kelas Kalkulus Integral, dan (2) Lembar Observasi, untuk mencatat hal-hal penting selama proses pelaksanaan observasi pada kelas virtual. Analisis data menggunakan langkah-langkah yang ditawarkan Creswell, yaitu: mengolah dan mempersiapkan data, Membaca data, mengcoding data, mendeskripsikan kategori dan tema, menghubungkan tema-tema/deskripsi, dan menginterpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap TPACK pada kelas Kalkulus untuk kategori sangat baik rata-rata sebesar 24,46%, untuk kategori baik rata-rata sebesar 56,55%, untuk kategori cukup rata-rata sebesar 16,25% dan untuk kategori kurang baik rata-rata sebesar 2,74%.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dr., M.Pd. 198103302005011007 Maryono |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 02:41 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 02:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32350 |
Actions (login required)
View Item |