PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA CHANNEL YOUTUBE SATU PERSEN EPISODE KUNCI KOMUNIKASI EFEKTIF MENJADI ASERTIF

FATICHATUL MUKARROMA, 12305173054 (2023) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA CHANNEL YOUTUBE SATU PERSEN EPISODE KUNCI KOMUNIKASI EFEKTIF MENJADI ASERTIF. [ Skripsi ]

[img] Text
Peran Media Sosial dalam Membangun Komunikasi Efektif pada Channel Youtube Satu Persen Episode Kunci Komunikasi Efektif Menjadi Asertif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial YouTube bagi kalangan remaja. Komunikasi menjadi kebutuhan yang sangat penting dan dibutuhkan dalam kegiatan interaksi sosial di kalangan remaja Indonesia. Perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak menghambat hubungan sosial untuk berinteraksi di segala bidang. Teori yang digunakan untuk mengetahui pengaruh objek penelitian adalah dengan menggunakan Uses and Gratifications untuk melihat jenis gratifikasi yang dicari dan didapatkan oleh sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja merasa ketagihan dan memiliki kecenderungan gemar mengakses sosial media daripada dunia nyata. Konten YouTube channel “Satu Persen - Indonesian Life School” pada episode “kunci komunikasi efektif: menjadi asertif (menyatakan perasaan dengan jujur)”, telah memberikan perubahan bagi remaja. Pemanfaatan Konten tersebut terbukti dalam memberikan pemahaman baru terhadap para penontonnya. Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Asertif, Uses and Gratifications, Media Daring, Youtube

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Teknologi Informasi
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305173054 FATICHATUL MUKARROMA
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:45
Last Modified: 30 Jan 2023 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32507

Actions (login required)

View Item View Item