PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA

NOVITA SARI, 12212173034 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Novita Sari, NIM 12212173034, Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ali Amirul Mu‟minin, M.Pd. Kata Kunci : Modul, Learning Cycle 7E, Laju Reaksi Bahan ajar dapat digunakan guru menyampaikan materi dan membantu peserta didik memahami materi, namun bahan ajar yang digunakan masih terbatas. Penggunaan bahan ajar hanya berupa buku paket sehingga peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan permasalahan yang diperoleh. Model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik adalah Learning Cycle 7E. Penerapan Learning Cycle 7E tidak cukup dengan bahan ajar berupa buku, namun butuh modul dengan kerangka pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi Laju Reaksi. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul kimia berbasis Learning Cycle 7E pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA, 2) untuk mendeskripsikan tingkat validitas modul berbasis Learning Cycle 7E pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA, 3) untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap modul berbasis Learning Cycle 7E pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) sehingga yang dihasilkan adalah berupa produk. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE tetapi tidak sampai pada tahap implementasi (uji efektivitas) karena keterbatasan waktu dan tenaga. Produk dari penelitian ini divalidasi oleh dua validator ahli yaitu ahli materi dan ahli media dengan menggunakan lembar validasi. Sedangkan respon peserta didik diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dengan melibatkan 19 peserta didik kelas XI dari SMA PGRI 1 Tulungagung tahun 2022/2023. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pengembangan modul menggunakan 5 tahapan yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation), 2) hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 86% dan validasi media sebesar 90% yang menunjukkan bahwa modul layak digunakan dari segi materi maupun media, 3) dari hasil uji coba lapangan didapatkan bahwa respon peserta didik sangat baik, hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yaitu sebesar 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212173034 Novita Sari
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:18
Last Modified: 02 Feb 2023 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32545

Actions (login required)

View Item View Item