PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI RUANG KELAS XII MA DARUSSALAM NGESONG JOMBANG

LIA AMIROTUS ZAKIYAH, 12204183169 (2023) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI RUANG KELAS XII MA DARUSSALAM NGESONG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang Kelas XII MA Darussalam Ngesong Jombang” ini ditulis oleh Lia Amirotus Zakiyah, NIM. 12204183169, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Field Independent, Field Dependent. Fenomena kemampuan komunikasi matematis di Indonesia yang belum sesuai harapan, sedangkan kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi Mata Pelajaran Matematika. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan ide, konsep, dan gagasan matematika dimana berkaitan dengan pemecahan masalah. Kemampuan komunikasi matematika yang berbeda tidak terlepas dari gaya kognitif yang dimiliki siswa. Gaya kognitif merupakan cara khas siswa dalam berpikir, memecahkan masalah, memproses, dan mengkomunikasikan informasi yang diperoleh. Gaya kognitif ada 2 yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD) yang mana kedua gaya kognitif tersebut mencerminkan bagaimana interaksi siswa dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa gaya kognitif field independent (FI) dalam pemecahan masalah geometri ruang di kelas XII MA Darussalam Ngesong Jombang, 2) mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa gaya kognitif field dependent (FD) dalam pemecahan masalah geometri ruang di kelas XII MA Darussalam Ngesong Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di MA Darussalam Ngesong Jombang yang diikuti oleh siswa kelas XII MIA yang berjumlah 34 siswa. Dari 34 siswa dipilih 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD). Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dalam menyelesaikan masalah geometri ruang mampu mengekspresikan ide-ide matematika, mampu mengevaluasi dan menyajikan penyelesaian masalah, 2) profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah geometri ruang mampu mengekspresikan ide-ide matematika dengan baik, namun masih kurang dalam mengevaluasi dan menyajikan penyelesaian masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183169 LIA AMIROTUS ZAKIYAH
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:53
Last Modified: 17 Feb 2023 04:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item