LIA AMIROTUS ZAKIYAH, 12204183169 (2023) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI RUANG KELAS XII MA DARUSSALAM NGESONG JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang Kelas XII MA Darussalam Ngesong Jombang” ini ditulis oleh Lia Amirotus Zakiyah, NIM. 12204183169, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Field Independent, Field Dependent. Fenomena kemampuan komunikasi matematis di Indonesia yang belum sesuai harapan, sedangkan kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi Mata Pelajaran Matematika. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan ide, konsep, dan gagasan matematika dimana berkaitan dengan pemecahan masalah. Kemampuan komunikasi matematika yang berbeda tidak terlepas dari gaya kognitif yang dimiliki siswa. Gaya kognitif merupakan cara khas siswa dalam berpikir, memecahkan masalah, memproses, dan mengkomunikasikan informasi yang diperoleh. Gaya kognitif ada 2 yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD) yang mana kedua gaya kognitif tersebut mencerminkan bagaimana interaksi siswa dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa gaya kognitif field independent (FI) dalam pemecahan masalah geometri ruang di kelas XII MA Darussalam Ngesong Jombang, 2) mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa gaya kognitif field dependent (FD) dalam pemecahan masalah geometri ruang di kelas XII MA Darussalam Ngesong Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di MA Darussalam Ngesong Jombang yang diikuti oleh siswa kelas XII MIA yang berjumlah 34 siswa. Dari 34 siswa dipilih 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD). Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dalam menyelesaikan masalah geometri ruang mampu mengekspresikan ide-ide matematika, mampu mengevaluasi dan menyajikan penyelesaian masalah, 2) profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah geometri ruang mampu mengekspresikan ide-ide matematika dengan baik, namun masih kurang dalam mengevaluasi dan menyajikan penyelesaian masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183169 LIA AMIROTUS ZAKIYAH |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 04:53 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 04:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32895 |
Actions (login required)
View Item |