ATOMIC : MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X

RIZKHY ANANDA CHANDRA PUSPITA, 12212183014 (2023) ATOMIC : MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ATOMIC : Multimedia Berbasis Android pada Materi Struktur Atom untuk Peserta Didik SMA Kelas X” ini ditulis oleh Rizkhy Ananda Chandra Puspita, NIM. 12212183014, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: Multimedia, android, struktur atom Keterbatasan variasi media pembelajaran dan kesulitan dalam mempelajari materi struktur atom masih dialami peserta didik. Terlebih materi struktur atom memiliki karakteristik yang meliputi tiga tingkat representasi yaitu representasi makroskopis contohnya gambaran materi seperti air yang cair, representasi submikroskopis yang membutuhkan media untuk memvisualisasikan materi seperti perkembangan teori atom, partikel-partikel penyusun atom (elektron), dan simbolis merupakan suatu representasi kimia seperti (_11^23)Na , (_13^27)Al ,(_19^39)K . Maka diperlukan multimedia berbasis android (apk.) bernama ATOMIC ini untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi struktur atom baik di sekolah maupun secara mandiri dirumah, serta membuat peserta didik lebih tertarik untuk belajar lebih mengenai materi struktur atom. ATOMIC menyajikan materi dengan pendekatan saintifik 5M, dengan kapasitas total 12 MB ATOMIC mudah dipasang di android dan dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan multimedia berbasis android (2) tingkat kelayakan multimedia pembelajaran (3) respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Namun, dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tiga tahap yaitu, Analysis, Design, dan Development karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Penelitian ini melibatkan 1 dosen kimia dan 1 guru kimia sebagai validator ahli, peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Ngunut Tulungagung sebanyak 5 peserta didik untuk uji skala kecil di awal dan 35 peserta didik pada uji skala besar di akhir. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dari hasil wawancara dan analisis kuantitatif dari hasil validasi ahli dan angket respon peserta didik dengan menghitung persentase reratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media pada multimedia berbasis android pada materi struktur atom didapatkan persentase rata-rata sebesar 91,33% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli materi sebesar 92,08% dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada hasil respon peserta didik sebesar 81,65% pada uji skala kecil dan 85,52% pada uji skala besar dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut multimedia yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat digunakan sebagai data pendukung pengembangan media pembelajaran serupa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183014 Rizkhy Ananda Chandra Puspita
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:11
Last Modified: 07 Mar 2023 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33211

Actions (login required)

View Item View Item