IMPLEMENTASI KHIYAR PADA TRANSAKSI JUAL BELI HANDPHONE REKONDISI DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar HP Second Kota Kediri)

IZZA AFKARINA, 12101193010 (2023) IMPLEMENTASI KHIYAR PADA TRANSAKSI JUAL BELI HANDPHONE REKONDISI DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar HP Second Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: implementasi khiyar, jual beli, hukum Islam, handphone rekondisi. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya transaksi jual beli handphone rekondisi yang biasa dijumpai pada praktik di lapangan, para pelaku usaha untuk menarik perhatian konsumen yaitu menawarkan harga yang sangat murah dengan menggunakan merek asli seolah barang tersebut asli dari pabrik pembuatnya yang tidak jarang mengakibatkan terjadinya peristiwa yang tidak semestinya dimana penjual tidak bertanggung jawab dalam implementasi khiyar. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi khiyar pada transaksi jual beli handphone rekondisi di Pasar HP Second Kota Kediri?; 2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap implementasi khiyar pada transaksi jual beli handphone rekondisi di Pasar HP Second Kota Kediri?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam kepada pedagang handphone rekondisi, pengurus paguyuban dan pembeli handphone rekondisi serta dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi khiyar pada transaksi jual beli handphone rekondisi di pasar HP Second Kota Kediri telah dipraktikkan oleh pedagang, hal tersebut dibuktikan dari perilaku pedagang handphone rekondisi di pasar ini yang memberi keleluasaan kepada calon pembeli untuk melanjutkan atau membatalkan transaksi jual beli pada saat masih berada dalam satu tempat dan pedagang juga memberi garansi pada setiap transaksi jual beli handphone rekondisi.; 2) Ditinjau dari hukum Islam, transaksi jual beli handphone rekondisi di pasar HP Second Kota Kediri adalah sah karena telah memenuhi syarat dan rukun jual beli. Adapun macam-macam khiyar yang telah dipraktikkan pada transaksi jual beli handphone rekondisi di pasar HP Second Kota Kediri yaitu khiyar majlis dan khiyar syarat. Sedangkan khiyar yang tidak dipraktikkan pada transaksi jual beli handphone rekondisi di pasar HP Second Kota Kediri yaitu khiyar ‘aib, khiyar ru’yah dan khiyar ta’yin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193010 Izza Afkarina
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:32
Last Modified: 15 Mar 2023 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item View Item