SITI FATKUN NI’MAH, 2814133221 and Dr. Sutopo, M.Pd, 197805092008011012 (2018) Pemecahan Masalah Materi Persamaan Linear Satu Variabel dengan Scaffolding di Kelas VII Ali Bin Abi Thalib MTsN Pucanglaban Tulungagung. Jurnal Tadris Matematika, 1 (1). pp. 43-54. ISSN ISSN (Print): 2621-3990 || ISSN (Online): 2621-4008
|
Text
JURNAL JTM.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah–masalah yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dimana masalah-masalah tersebut dapat menghambat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu, peneliti mengambil langkah scaffolding untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier satu variabel di kelas VII MTsN Pucanglaban dan untuk mendeskripsikan proses scaffolding siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier satu variabel di kelas VII MTsN Pucanglaban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan berdasarkan teknik pembahasannya termasuk dalam penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan: Observasi, Tes, Wawancara mendalam, dan Catatan lapangan serta Dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi persamaan linier satu variabel adalah: (a) dalam memahami soal, (b) dalam membuat model matematika, (c) dalam mengoperasikan, dan (d) dalam menarik kesimpulan; (2) Pemberian scaffolding yang sesuai untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang siswa hadapi, adalah sebagai berikut: (a) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami soal, scaffolding yang sesuai adalah explaining, reviewing, dan restructuring. (b) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membuat model matematika, scaffolding yang sesuai adalah reviewing, dan restructuring. (c) untuk mengatasi kesulitan dalam mengoperasikan, scaffodling yang sesuai adalah restructuring. (d) untuk mengatasi kesulitan dalam menarik kesimpulan, scaffolding yang sesuai adalah developing conceptual thinking
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Dr. 197805092008011012 Sutopo, M.Pd |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 06:01 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 06:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33392 |
Actions (login required)
View Item |