PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT LIMBAH TAMBAK UDANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus di Kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek)

MUHAMMAD BAHRUL ULUM, 12103173058 (2023) PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT LIMBAH TAMBAK UDANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus di Kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Bahrul Ulum, 12103173058, Pencemaran Lingkungan Hidup Akibat Limbah Tambak Udang dalam Perspektif Hukum Positif dan Fiqih Siyasah (Studi Kasus di Kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek), Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Dosen Pembimbing Hj. Indri Hadisiswati, SH., M.H. Kata Kunci: Pencemaran Lingkungan Hidup, Limbah Tambak Udang, Hukum Positif, Fiqih Siyasah. Permasalahan lingkungan hidup merupakan suatu permasalah yang sangat penting, mengingat pentingnya permasalahan tersebut maka pemerintah mengeluarkan undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pencemaran lingkungan akibat limbah tambak udang dikawasan pantai Cengkrong Trenggalek merupakan tindakan yang bertentangan dengan undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, hal tersebut menjadi suatu permasalahan sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai Pencemaran Lingkungan Hidup Akibat Limbah Tambak Udang dalam Perspektif Hukum Positif dan Fiqih Siyasah (Studi Kasus di Kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek) Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pencemaran lingkungan hidup akibat limbah tambak udang di kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek. 2) Bagaimana pencemaran lingkungan hidup akibat limbah tambak udang di kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek dalam perspektif hukum positif. 3) Bagaimana pencemaran lingkungan hidup akibat limbah tambak udang di kawasan Pantai Cengkrong Trenggalek dalam perspektif Fiqih Siyasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris atau penelitian yang didasarkan pada realita lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam dan juga dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pencemaran lingkungan hidup akibat limbah tambak udang dikawasan Pantai Cengkrong Trenggalek dibuktikan dengan adanya kerusakan ekosistem dan juga kerusakan unsur tanah. 2) Dalam perspektif hukum positif, pencemaran lingkungan hidup akibat limbah tambak udang yang terjadi dikawasan Pantai Cengkrong Trenggalek bertentangan dengan pasal 69 undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 3) Dalam perspektif Fiqih Siyasah Dusturiyyah, tindakan pencemaran lingkungan hidup akibat limbah tambak udang di Pantai Cengkrong Trenggalek merupakan perbuatan yang dilarang dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 205 dan juga surah Al-A’raf ayat 56 sehingga pemerintah membuat larangan mengenai pencemaran lingkungan hidup dan memberikan sanksi kepada pelaku pencemaran lingkungan hidup sebagai upaya untuk menciptakan kemashlahatan dimasyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: S.H 12103173058 MUHAMMAD BAHRUL ULUM
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:19
Last Modified: 04 Apr 2023 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33571

Actions (login required)

View Item View Item