Erna Iftanti, 197203072009012002 and Nany Soengkono, - (2023) Pembelajaran Online Bahasa Inggris yang Demotivating. Research Report.[monograph]
|
Text
PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INGGRIS FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Buku mograf ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang bertujuan untuk menggali informasi tentang bentuk, faktor, dan implikasi dari pembelajaran online Bahasa Inggris yang demotivating (kurang semangat atau bahkan sama sekali tidak semangat). Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena adanya kebijakan kuliah atau sekolah jarak jauh yang disebabkan karena adanya pandemic. Dampak jangka pendek yang dimunculkan oleh kebijakan tersebut adalah munculnya “learning loss” baik dari kalangan siswa maupun guru. Kondisi ini cukup meresahkan kita semua, sebab apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka dapat memunculkan gejala menurunnya kualitas Pendidikan di Indonesia, khususnya pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, perkembangan teknologi berpengaruh pada kemungkinan besar tetap dilaksanakannya pembelajaran secara daring (online) yang secara blended maupun online sempurna. Oleh karena itu, penelitian untuk menggali pembelajaran online yang demotivating dari perspektif guru maupun siswa menjadi sangat penting dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengajaran online yang dilakukan dengan hanya difokuskan pada memberi tugas, tanpa penjelasan dan feedback yang cukup membuat siswa menjadi tidak termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, interfensi orang tua Ketika siswa belajar di rumah, juga menjadi bagian yang membuat siswa menjadi kurang konsentrasi dalam belajar. Oleh karena itu, sekolah dalam hal ini guru, siswa, dan orang tua perlu bersinergi dalam mendukung suksesnya pembelajaran online Bahasa Inggris.
Item Type: | Monograph (Research Report) |
---|---|
Subjects: | Buku Bahasa Dan Sastra > Naskah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dr. 197203072009012002 Erna Iftanti |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 02:43 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33982 |
Actions (login required)
View Item |