PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VC MIN MODEL PRIGI WATULIMO TRENGGALEK

BADI’ATUS SURURIYAH, 2817123025 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VC MIN MODEL PRIGI WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 SAMPUL.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
1 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemtaika Peserta Didik Kelas Vc Di Min Model Prigi Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Badi’atus Sururiyah, NIM. 2817123025 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Musrikah, M. Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas VC MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek dalam pembelajaran Matematika yang masih relatif rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 66. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Matematika, sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas bangun datar trapesium peserta didik kelas V MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek? (2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan luas bangun datar trapesium peserta didik kelas VC MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas bangun datar trapesium peserta didik kelas VC MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan luas bangun datar trapesium peserta didik kelas VC MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VC MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi dan kemampuan bekerjasama peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas bangun datar trapesium peserta didik kelas V MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil perolehan rata-rata skor kerjasama dari siklus I sebesar 437 dengan persentase 79,17% meningkat menjadi 469,5 dengan persentase 85,05% pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan luas bangun datar trapesium peserta didik kelas VC MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata belajar peserta didik dari pre test sebesar 31,83, ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 40,17, dan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 71,47. Ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari pre test 8,33%, ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 21,73%, dan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 78,26%. Dari data tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar peserta didik kelas VC pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan trapesium di MIN Model Prigi Watulimo Trenggalek Tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123025 BADI’ATUS SURURIYAH
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:39
Last Modified: 05 Aug 2016 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item