ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BERFIKIR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

DILLATUL KHOIRIAH, 12204183229 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BERFIKIR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya pemahaman matematis pada siswa SMP. Hal ini Karena kurangnya pemberian soal non rutin pada siswa. Dikatakan peserta didik memiliki pemahaman matematis apabila individu mampu mengingat, mampu menyerap, mampu memahami dan mampu mengaplikasikan materi, konsep, prinsip dan prosedur matematika dalam menyelesaikan suatu masalah yang disajikan. Kemamapuan pemahaman matematis merupakan kunci utama dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Karakteristik cara berfikir siswa berbeda maka fenomena perbedaan gaya berfikir menjadi salah satu faktor uniknya setiap peserta didik berfikir yang dimilikinya. Artinya jika siswa dengan pendekatan mengolah dan menaganalisis informasi berbeda maka cara mereka menyelesaikan suatu masalah juga berbeda/sesuai keunikan mereka dalam berfikir. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman matematis dalam menyelesaikan masalah bangun ruang ditinjau dari gaya berfikir Sekuensial Abstrak siswa kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar TA 2021-2022, 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman matematis dalam menyelesaikan masalah bangun ruang ditinjau dari gaya berfikir Sekuensial Konkrit siswa kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar TA 2021-2022, 3) Untuk mendeskripsikan pemahaman matematis dalam menyelesaikan masalah bangun ruang ditinjau dari gaya berfikir Acak Konkrit siswa kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar TA 2021-2022, 4) Untuk mendeskripsikan pemahaman matematis dalam menyelesaikan masalah bangun ruang ditinjau dari gaya berfikir Acak Abstrak siswa kelas VIII SMPN 1 Srengat Blitar TA 2021-2022 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan data dari lapangan berupa narasi. Peneliti menyebar angket kepada 31 siswa, kemudian mengelompokkan siswa menjadi 4 macam gaya berfikir. Ketiga peneliti menyebar tes pemahaman matematis kepada 31 siswa dan mengambil 8 siswa dari masing-masing setiap gaya berfikir. Tekhnik pengambilan data berupa angket, tes, wawawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa 1) Siswa dengan gaya berfikir Sekuensial Abstrak sudah mampu memenuhi semua indikator pemahaman matematis, 2) Siswa dengan gaya berfikir Sekuensial Konkrit hanya mampu memenuhi menyatakan ulang suatu konsep, mengidentifikasi keterkaitan konsep yang dipelajari, mamapu memilih, menggunakan dan memanfaatkan operasi/prosedur sesuai dengan masalah yang diberikan 3) Siswa dengan gaya berfikir Acak Konkrit hanya mampu memenuhi menyatakan ulang suatu konsep, mengidentifikasi keterkaitan konsep yang dipelajari, mamapu memilih, menggunakan dan memanfaatkan operasi/prosedur sesuai dengan masalah yang diberikan, dan 4) Siswa dengan gaya berfikir Acak Abstrak hanya mampu memenuhi indikator menyatakan ulang suatu konsep, mengidentifikasi keterkaitan konsep yang dipelajari, mamapu memilih, menggunakan dan memanfaatkan operasi/prosedur sesuai dengan masalah yang diberikan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183229 DILLATUL KHOIRIAH
Date Deposited: 22 May 2023 02:19
Last Modified: 22 May 2023 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35493

Actions (login required)

View Item View Item