STRATEGI ASĀTIDH KELAS BTQ DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI MAHASISWA MADRASAH DINIYAH UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

SALMA AZIZAH WIFAQI, 12201193121 (2023) STRATEGI ASĀTIDH KELAS BTQ DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI MAHASISWA MADRASAH DINIYAH UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Salma Azizah Wifaqi. 12201193121, Strategi Asātidh Kelas BTQ dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an bagi Mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Prof. Dr. Sokip, M. Pd.I Kata Kunci : Strategi, Kesulitan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta tentang kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an yang dialami oleh 55,27% mahasiswa baru UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Padahal idealnya seorang muslim dewasa sudah mempunyai kemampuan dasar membaca dan menulis Al-Qur'an dengan baik. Kesenjangan antara fakta dengan teori ini menjadi isu faktual yang harus dituntaskan. Oleh karena itu, adanya program Madrasah Diniyah yang menanungi kelas BTQ diproyeksikan dapat mengentaskan kesulitan belajar membaca dan menulis Al-Qur’an yang dialami oleh mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sehubungan dengan hal tersebut, maka strategi asātidh atau pengajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dalam kelas menjadi hal penting yang sangat berpengaruh dalam tercapainya kesukseskan pembelajaran untuk megetaskan kesulitan belajar membaca dan menulis Al-Qur’an bagi mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi asatidz kelas BTQ dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis Al-Qur'an yang dialami oleh mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran yang dilakukan asātidh kelas BTQ dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam kelas yang dilakukan asātidh BTQ dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran yang dilakukan asātidh kelas BTQ dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan juga metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penarikan dan verifikasi kesimpulanan. Pengecekan keabsahan data dilaksanakan dengan cara uji kredibilitas dengan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan pengamatan dan triangulasi, uji transferabitas, uji dependabilitas dan juga uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan asātidh dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung adalah dengan; a) Melakukan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester; b) Penyeragaman metode belajar Al-Qur’an; c) Placement Test mahasiswa untuk pengelompokkan kelas pembelajaran berdasarkan kemampuan mahasiswa; d) Upgrading kemampuan mengajar asātidh; e) Briefing atau pengarahan dari Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung selaku unit pelaksana program Madrasah Diniyah dan juga pengarahan asātidh oleh Pengurus Lembaga LP. Ma’arif NU Kabupaten Tulungagung selaku lembaga mitra dari Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan asātidh dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung adalah: a) Penyeragaman penggunaan metode Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan Metode An-Nahdliyah; b) Adanya keselarasan antara RPS dengan implementasi pembelajaran di dalam kelas; c) Asātidh menggunaan Metode Drill, metode demonstrasi, metode pembelajaran langsung serta memberdayakan metode tutor sebaya. d) Asātidh berupaya menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan untuk meingkatkan motivasi belajar mahasiswa. 3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan asātidh dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung adalah: a) Evaluasi dilakukan dengan menggunakan teknik tes, tes yang dilakukan berupa tes diagnostik, tes formatif dan tes sumatif; b) Hasil evaluasi disampaikan dalam bentuk sertifikat kelulusan, Objek evaluasi adalah kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan rincian nilai tajwid, Fashahah, Kaifiyatul Qiro’ah, Qharaibul Qur’an, Menulis Huruf Al- Qur’an dan juga kedisiplinan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193121 Salma Azizah Wifaqi
Date Deposited: 24 May 2023 06:48
Last Modified: 24 May 2023 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35571

Actions (login required)

View Item View Item