MUHAMAD YASIN NURDIANSYAH, 12212173060 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATHICS (STEM) PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Muhamad Yasin Nurdiansyah, NIM 12212173060, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata kunci : Modul, STEM, Laju Reaksi Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang mampu mengintegrasikan ilmu kimia dengan ilmu lainnya adalah Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). STEM ini adalah model pendekatan dalam pembelajaran yang terintegrasi dengan bermacam disiplin ilmu. STEM memungkinkan peserta didik untuk mempelajari konsep akademik secara tepat dengan menerapkan empat disiplin ilmu yaitu sains, teknologi, rekayasa dan matematika. Oleh karena itu STEM dianggap bagus digunakan untuk pengembangan modul kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi laju reaksi. Pengambilan data dari penelitian ini menggunakan wawancara, lembar validasi dan angket uji respon peserta didik. Produk modul yang dihasilkan akan divalidasi oleh validator yaitu ahli media dan ahli materi. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket repson peserta didik. Validasi dilakukan oleh dua dosen kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan satu guru kimia MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Subjek penelitian sebanyak 16 peserta didik yang berasal dari kelas XI MIA di MA Darul Huda Wonodadi Blitar dengan menyebarkan angket respon peserta didik melalui lembar angket respon peserta didik dengan 21 pernyataan yang diajukan. Hasil penelitian : a) Berdasarkan hasil validasi pada modul pembelajaran kimia berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi laju reaksi menunjukkan persentase nilai rata-rata sebesar 77,8% pada segi materi dan 79,5% pada segi media yang termasuk dalam kategori sangat valid. b) Uji coba produk skala kecil mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan memperoleh persentase nilai rata-rata 78,4%. Sehingga dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi laju reaksi menarik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif bagi peserta didik. c) Berdasarkan hasil analisis validasi dan respon peserta didik, modul pembelajaran kimia berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi laju reaksi menunjukkan kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagi sumber belajar peserta didik kelas XI MIA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Kimia > Molaritas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212173060 Muhamad Yasin Nurdiansyah |
Date Deposited: | 24 May 2023 07:41 |
Last Modified: | 24 May 2023 07:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35614 |
Actions (login required)
View Item |