PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DITINJAU UNDANG – UNDANG CIPTA KERJA NOMOR 11 TAHUN 2020 (Studi Kasus UD Lumintu Desa Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

SONIA NIKMAL WAFA, 12101193026 (2023) PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DITINJAU UNDANG – UNDANG CIPTA KERJA NOMOR 11 TAHUN 2020 (Studi Kasus UD Lumintu Desa Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Sonia Nikmal Wafa, NIM 12101193026, Perizinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Tinjau Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 (Study Kasus UD Lumintu Desa Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Satrio Wibowo, M.H. Kata Kunci : Perizinan, UMKM, Undang-Undang Cipta Kerja, Mashlahah. Penelitian ini dilatarbelakangi sejak disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 untuk menciptakan lingkungan usaha dan investasi yang kondusif melalui legalitas perizinan usaha UMKM lebih mudah dan sederhana. Namun banyak masyarakat yang belum memahami untuk memperoleh hak tersebut. UD Lumintu UMKM marmer di Tulungagung yang mengalami kesulitan berkaitan dengan legalitas usahanya sesuai Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 atau tidak. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah yang diajukan peneliti meliputi proses legalitas usaha UD Lumintu Desa Gamping Kecamatan Campurdarat yang dikaitkan dengan Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 mengenai proses mendapatkan perizinan usaha bagi usaha mikro kecil menengah dan kemaslahatan bagi UD Lumintu dalam perizinan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris (field research). Lokasi penelitian berada di UD Lumintu Desa Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dokumen perizinan UMKM UD Lumintu Desa Gamping Kecamatan Campurdarat memiliki izin NIB dan NPWP. Untuk proses perizinan dibantu oleh pihak Bank BRI 2) Dokumen perizinan yang dimiliki UD Lumintu sudah sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020. Hal ini didasarkan UD Lumintu tergolong UMKM beresiko rendah yang hanya cukup membutuhkan NIB sebagai bentuk legalitas dan bukti pendaftaran. 3) Kemudahan perizinan UMKM pada UD Lumintu merupakan bentuk mashlahah mursalah yang dipandang baik serta menjauhkan keburukan. Sedangkan dokumen perizinan UD Lumintu termasuk mashlahah hajiyyah sebagai pemenuh kebutuhan manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193026 Sonia Nikmal Wafa
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:44
Last Modified: 08 Jun 2023 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36171

Actions (login required)

View Item View Item