WIDYATUL LAYLY MUSZALIFA, 12212183065 (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) KIMIA TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MA/SMA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (906kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
Abstract
Keberadaan bahan ajar kimia yang kurang menarik bagi peserta didik terutama pada materi Bentuk Molekul Terintegrasi Keislaman saat ini masih sangat terbatas. Hal ini dikarenakan guru kurang memanfaatkan teknologi yang dapat diaplikasikan pada bahan ajar untuk proses pembelajaran dan umumnya bahan ajar masih terfokus pada materi inti saja dan belum terintegrasi keislaman. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar berupa Modul Elektronik (E-Modul) kimia terintegrasi keislaman pada materi bentuk molekul perlu dilakukan. Dengan terciptanya bahan ajar kimia materi Bentuk Molekul yang terintegrasi keislaman ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih yaitu membantu peserta didik dalam menambah wawasan mengenai pengetahuan spiritual peserta didik yang tidak hanya mengacu pada ilmu kimia saja, sehingga terdapat keseimbangan antara pengetahuan intelektual dengan pengetahuan spiritual peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan produk E-Modul kimia terintegrasi keislaman pada materi bentuk molekul untuk MA/SMA. (2) mengetahui kelayakan pengembangan produk E-Modul kimia terintegrasi keislaman pada materi bentuk molekul untuk MA/SMA. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Tahapan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk serta angket peserta didik untuk mengetahui keterbacaan dan kemenarikan produk. Angket digunakan untuk mengetahui respon peserta didik kelas XII MIPA 2 yang berjumlah 23 peserta didik. Validasi dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 1 guru kimia di MA Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Hasil penelitian ini (1) Modul Elektronik yang dikembangkan dengan 3 tahapan yaitu define, design, dan develop menggunakan aplikasi Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan Flip PDF Profesional. Isi E-Modul meliputi: cover, kata pengantar, daftar isi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, materi inti, rangkuman, uji kompetensi, kunci jawaban dan daftar pustaka. (2) Hasil validasi ahli materi terhadap E-Modul memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 91,9% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil validasi ahli media terhadap E-Modul memperoleh rata-rata persentase sebesar 86,8% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik terhadap keterbacaan E-Modul kimia terintegrasi keislaman pada materi bentuk molekul ini memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan respon peserta didik ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183065 Widyatul Layly Muszalifa |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36298 |
Actions (login required)
View Item |