MUHAMMAD CHARISH, 12212183063 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI MIPA DI SMAN 1 KARANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (998kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab sulitnya siswa belajar kimia yaitu konsep yang abstrak, karena konsep tersebut tidak dapat diamati secara langsung (level mikroskopik) melainkan memerlukan kemampuan penalaran agar siswa dapat memahami konsep abstrak tersebut. Dalam proses pembelajaran, kebanyakan guru belum dapat menggabungkan ketiga level representasi kimia yang hanya lebih dominan pada level makroskopik (menghafal konsep) dan simbolik (abstrak). Oleh karena itu, diperlukan kemampuan seorang guru untuk menerapkan ketiga level representasi kimia agar dapat meminimalisir terjadinya kesulitan dalam pemahaman konsep yang asbtrak. Untuk membantu siswa dalam memahami ketiga aspek kimia tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran yang menarik dan tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga mampu menarik minat siswa dalam proses pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA di SMAN 1 Karangan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA di SMAN 1 Karangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D dengan empat fase pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada fase ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk serta angket siswa untuk mengetahui keterbacaan dan kemenarikan produk. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa. Validasi dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 1 guru kimia di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Hasil penelitian ini (1) Multimedia interaktif yang dikembangkan dengan 3 fase yaitu define, design, dan develop menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint, Adobe Photoshop, Paint 3D dan Macromedia Flash 8. Isi multimedia interaktif meliputi tampilan pembuka, menu, kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, panduan penggunaan media, materi, video praktikum, contoh soal, soal evaluasi, pembahasan, daftar pustaka dan tampilan keluar. (2) Hasil validasi ahli materi multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA di SMAN 1 Karangan Trenggalek diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 84,8% dengan kriteria “Cukup valid”. Sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata 83,3% dengan kriteria “Cukup valid”. Respon siswa terhadap keterbacaan konten multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi kesetimbangan kimia ini mencapai kriteria “Sangat baik” dengan rata-rata 81,8%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan tanggapan siswa, multimedia interaktif ini dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183063 Muhammad Charish |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:28 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36308 |
Actions (login required)
View Item |