HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DI DESA REJOAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

DENI MEIRAWATI, 12308173141 (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DI DESA REJOAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DI DESA REJOAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana stres belajar selama pandemi Covid-19 dengan kecanduan game online anak-anak. Kehadiran internet begitu besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan, terutama di masa pandemi Covid-19, karena dapat berpengaruh terhadap kecanduan game online yang membuat anak kurang belajar. Stres merupakan tekanan yang ditimbulkan oleh anak terkait dengan proses belajar di sekolah. Game online dapat menyediakan bentuk fitur komunitas online, yang menjadikan game online sebagai aktivitas sosial. Kecanduan pada game online adalah rasa ingin tahu yang dimiliki seseorang sehingga berusaha untuk mencapai apa yang diinginkan saat bermain game online. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 60 anak usia 11-16 tahun dengan alasan bahwa banyak anak lebih suka bermain game online maka yang dipilih secara random sampling. Dari hasil analisis yang dilakukan menggunakan skala pembelajaran stres dan kecanduan game online oleh Alpha Cronbach. Validasi ini akan menggunakan uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis ini akan menggunakan momen dengan uji normalitas akan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan koefisien standar sebesar p > 0,05. Nilai signifikansi merah yaitu 0,546 (p > 0,05). Berdasarkan data yang ada di bawah ini, kita dapat menyimpulkan bahwa asumsi normalitas untuk variabel stres belajar dan kecanduan game online memenuhi syarat dan kedua variabel berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa output tabel di atas menunjukkan nilai signifikan untuk sig (dua sisi) dan output tabel di atas menunjukkan sig (dua sisi) untuk stres belajar (X) pada kecanduan judi online. (Y) 0,000 <0> Karena r tabel adalah 0,325, analisis ini menghitung r sebagai nilai positif. sehingga dapat dikatakan bahwa ada kaitannya ataupun hubungan diantara variabel X dan Y, dan kaitannya kedua variabel adalah positif. Dapat dilihat bahwa stres belajar meningkat, kecanduan game online juga meningkat, dan sebaliknya. Oleh karena itu, dapat dari analisis yang dilakukan bahwa stres belajar memainkan peran penting dan mempengaruhi permainan online anak-anak. Kata kunci: Stres belajar, Kecanduan game online, Covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308173141 DENI MEIRAWATI
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:11
Last Modified: 19 Jun 2023 01:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36516

Actions (login required)

View Item View Item