DELLA HANIFA PUTRI SURYANI, 12310193046 (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
JURNAL SKRIPSI DELLA REPOSITORY.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
Abstract
ABSTRAK Kadangkala pengguna perpustakaan mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan kualitas layanan perpustakaan sehingga akan mempengaruhi kepuasan yang mereka rasakan. Dengan adanya permasalahan tersebut, petugas perpustakaan wajib mencoba memberikan kualitas layanan yang baik bagi pengguna. Ketika memberikan layanan, perpustakaan harus mempunyai tujuan yang tertata sehingga layanan perpustakaan bisa sejalan dengan tujuan utama perpustakaan yaitu memberikan kualitas layanan yang dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Peneliti ingin mengetahui apakah kualitas layanan yang diberikan oleh perpustakaan sudah baik dengan meneliti judul “Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna di Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung”. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tingkat kualitas layanan di perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah sudah tergolong tinggi karna telah memenuhi harapan pengguna sehingga dapat dikatakan sudah berada dalam kategori baik. Tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan juga termasuk dalam kategori tinggi karena harapan pengguna telah terpenuhi melebihi dari apa yang sekedar mereka harapkan. Terdapat pula pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan pengguna dengan nilai sig 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Apabila kualitas layanan baik maka kepuasan pengguna juga dapat terpenuhi, karena kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan sebesar 60,5%, hal tersebut memberikan hasil positif karena dengan kualitas layanan yang baik, maka mampu untuk memberikan kepuasan bagi pengguna perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 12310193046 Della Hanifa Putri Suryani |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:58 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36851 |
Actions (login required)
View Item |