DWI TANIA, 12204183017 (2023) DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (985kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (715kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Diagnosis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Pada Penyelesaian Soal Cerita Matematika Di MTs Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Dwi Tania, NIM. 12204183017, dosen pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Diagnosis Kesalahan, Newman’s Error Analysis (NEA), Soal Cerita Matematika Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, hal ini bisa dilihat dari pencapaian hasil belajar matematika yang relatif berada dibawah KKM. Pemberian soal matematika dalam bentuk soal cerita dimaksudkan untuk menunjukan kegunaanya yaitu memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Akan tetapi masih terjadi banyak kesalahan yang dalam menyelesaikan soal cerita matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa, faktor-faktor penyebab kesalahan siswa, serta solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes diagnostic, wawancara, dan dokumentasi. Dipilih 6 subjek dari kelas VII A MTsN 2 Trenggalek dengan kategori masing-masing 2 anak yang memiliki tingkat kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Aritmetika Sosial berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) adalah (a) Siswa berkemampuan rendah masih melakukan kesalahan pada lima 5 prosedur kesalahan menurut Newman’s, (b) Siswa berkemampuan tinggi hanya mampu menyelesaikan 1 prosedur yaitu pada Reading Error namun melakukan kesalahan pada 4 prosedur lainnya, (c) Siswa berkemampuan tinggi sudah mampu menyelesaikan 2 prosedur yaitu Reading Error dan Comprehension Error namun masih melakukan kesalahan pada 3 prosedur lainnya. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu; (a) Reading Error disebabkan karena adanya rasa malas dalam membaca soal cerita, (b) Comprehension Error disebabkan karena beberapa tidak menuliskan terlebih dahulu informasi dalam soal dengan benar (c) Transformation Error disebabkan karena tidak terbiasa mengubah permasalahan kedalam model matematika, tidak menguasai materi, tidak menyukai matematika, dan jarang mengerjakan soal cerita (d) Process Skill Error disebabkan karena tidak menguasai prosedur penyelesaian dengan benar dan kurang teliti dalam perhitungan (e) Encoding Error yaitu tidak paham dengan konsep dan tidak terbiasa menulis kesimpulan. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi terjadinya kesalahan berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Aritmetika Sosial adalah teknik scaffolding dengan bentuk explaining (menjelaskan), reviewing (meninjau) dan restructuring (membangun ulang pemahaman), tutor sebaya dan pembelajaran remedial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | dwi tania |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37249 |
Actions (login required)
View Item |