PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK USIA REMAJA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Di Desa Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek)

SILMA HANIFATUZ ZAHRA’, 17201163412 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK USIA REMAJA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Di Desa Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Remaja dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Ditulis oleh Silma Hanifatuz Zahra’, NIM. 17201163412, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UINSATU) Tulungagung, Pembimbing Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. NIP. 19860528201 403 2002 Kata kunci: Peran Orang Tua, Anak Usia Remaja, Pendidikan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak usia remaja dalam membimbing dirinya menjadi pribadi agamis dan berakhlakul karimah. Pendidikan Islam merupakan tameng bagi remaja dalam kehidupan, dengan agama akan mampu menjadikan kematangan pribadi yang kuat, karena dalam agama akan di tunjukkan mana yang salah dan mana yang benar, agama akan jadi filter atau penyaringan bagi remaja dalam pergaulan dan menghadapi pengaruh-pengaruh negatif dari luar. Karena dalam usia ini mereka masih dalam proses pencarian jati diri sangat membutuhkan bimbingan orang tua sebagai kontrol diri dalam proses kehidupannya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran orang tua sebagai pendidik dalam mendidik anak usia remaja dalam pendidikan agama? (2) Bagaimana peran orang tua sebagai pendidik dalam mendidik anak usia remaja dalam pendidikan akhlak? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan peran orang tua sebagai pendidik dalam mendidik anak usia remaja dalam pendidikan agama, (2) Menjelaskan peran orang tua sebagai pendidik dalam mendidik anak usia remaja dalam pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Terakhir pada pengecekan keabsahan data meliputi credibility, transferability, confirmability, dan dependenbility. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran orang tua sebagai pendidik dalam mendidik anak usia remaja dalam pendidikan agama adalah orang tua sebagai pendidik utama bagi anak harus dapat membina, membimbing, menasehati, juga memberikan contoh dalam sehari-hari. (2) Peran orang tua sebagai pendidik dalam mendidik anak usia remaja dalam pendidikan akhlak meliputi, pengawasan orang tua pada keseharian dan pola asuh pada anak remaja dalam lingkungannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163412 SILMA HANIFATUZ ZAHRA’
Date Deposited: 09 Jul 2023 06:13
Last Modified: 09 Jul 2023 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37274

Actions (login required)

View Item View Item