FARA RIZKY ANANDA PUTRI, 12212193029 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Heyzine Flipbook pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA" ini ditulis oleh Fara Rizky Ananda Putri, NIM. 12212193029, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: e-modul, problem based learning, heyzine flipbook, hidrolisis garam. Bahan ajar merupakan faktor eksternal dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan oleh guru di sekolah berupa buku paket, LKS, dan handout, namun dengan bahan ajar tersebut membuat proses pembelajaran kurang menarik. Hal itu dikarenakan bahan ajar belum memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar secara mandiri, sehingga membutuhkan bahan ajar e-modul interaktif berbasis problem based learning dan dalam pembuatannya didukung oleh heyzine flipbook. E-modul digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis problem based learning berbantuan heyzine flipbook pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA/MA, mengetahui validitas, serta mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis ujung depan, lembar kebutuhan peserta didik untuk analisis kebutuhan peserta didik, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh 1 dosen Tadris Kimia dan 1 guru kimia SMA Negeri 1 Ngunut sebagai ahli materi dan ahli media. Sementara uji respon peserta didik dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 34 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Ngunut. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kualitatif berupa hasil wawancara dan data kuantitatif berupa angket kebutuhan peserta didik, hasil validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dengan teknik analisis persentase skor. Hasil penelitian ini berupa e-modul interaktif berbasis problem based learning berbantuan heyzine flipbook pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA/MA. 1) Pengembangan e-modul menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan) hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan disesuaikan dengan kebutuhan dari penelitian yang dilakukan. 2) E-modul tersebut telah dinyatakan sangat valid berdasarkan validator ahli materi dan ahli media dengan persentase 86,1%. 3) Adapun hasil uji respon peserta didik terhadap e-modul berada pada kriteria baik dengan persentase 80,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi hidrolisis garam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193029 FARA RIZKY ANANDA PUTRI |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:36 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37298 |
Actions (login required)
View Item |