MOH FAHRI ALI, 12850321007 (2023) TERMA “AL-ISLAM” PERSPEKTIF TAFSIR NUSANTARA. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (866kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (531kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini berjudul “Terma al-Isla>m Perspektif Tafsir Nusantara” ditulis oleh Moh. Fahri Ali dengan dua pembimbing yaitu Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag dan Dr. H. Ahmad Zainal Abidin, M.A Kata Kunci: al-Isla>m, Tafsir Nusantara, Eksklusif, Inklusif, Pluralis Penelitian tentang terma al-Islam sebenarnya sangat populer, akan tetapi yang fokus mengkaji pada 4 ayat saja yaitu A<li ‘Imra>n [3]:19 dan 85, al-Ma>’idah [5]:3 dan al-An‘a>m [6]:125 sejauh ini belum ada. Terma al-Isla>m ini menarik untuk dikaji melalui tafsir, sebab sejauh ini begitu banyak yang mendalami terma tersebut dengan disiplin-disiplin ilmu yang lain. Terlebih lagi, menariknya penelitian ini adalah tafsir yang digunakan untuk membaca terma al-Isla>m adalah tafsir Nusantara dari periode klasik hingga periode modern. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana wawasan umum terma “al-Isla>m”? 2) Bagaimana penafsiran terma al-Isla>m dalam Tafsir Nusantara secara periodik? 3) Bagaimana tipologi penafsiran “al-Isla>m” dalam tafsir Nusantara tinjauan paradigma teologi eksklusif, inklusif dan pluralis?. Adapun jenis penelitian ini adalah Library Research (Studi Kepustakaan) dengan sumber primernya berasal dari literatur kitab-kitab tafsir Nusantara. Adapun analisis data dilakukan secara deskriptif-analitis. Kesimpulan yang dapat diuraikan dari penelitian ini yang pertama, terma al-Isla>m secara umum dapat dipahami sebagai agama Islam, sikap pasrah dengan penuh kesadaran dan tunduk kepada Tuhan. Kedua, dalam tafsir Nusantara periode pertengahan al-Isla>m dimaknai “Islam”. Periode kedua memiliki perubahan secara redaksional yaitu agama tauhid yang memiliki syari’at mulia disertai penjelasan dengan teori sabab nuzul, munasabah dan qira’ah. Kemudian periode ketiga dimaknai Islam, agama Islam, sikap pasrah, tauhid, tunduk, tidak menyekutukan, agama para nabi, agama Nabi Muhammad dan agama yang memiliki syari’at shalat. Ketiga, dari seluruh tafsir yang berjumlah 12, hanya satu tafsir yang memiliki nuansa pluralitas dalam penafsirannya yaitu Tafsir al-Azhar, namun pada bagian tertentu saja. Sehingga, ia lebih layak dimasukkan ke dalam kategori eksklusif. Adapun selainnya adalah berteologi eksklusif yaitu Tarjuma>n al-Mustafi>d, Marah} Labid, Tafsir Al-Furqan, Tafsir Qur’an Karim, Tafsir an-Nuur, Tafsir al-Bayan, Terjemah dan Tafsir al-Qur’an; Bahasa Arab dan Latin, Tafsir al-Qur’an, Tafsir Rahmat, Tafsir al-Mishbah dan Al-Qur’an dan Tafsirnya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Tafsir Quran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir |
Depositing User: | 12850321007 MOH FAHRI ALI |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37323 |
Actions (login required)
View Item |