Conflict Management in Islamic Education Institutions (Case Study at Madrasah Ibtidaiyah in Jombang)

Nurul Indana, - and Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag, 196512152003122001 and Khumairoh An Nahdliyah, - (2023) Conflict Management in Islamic Education Institutions (Case Study at Madrasah Ibtidaiyah in Jombang). Ál-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2). pp. 35-49. ISSN ISSN: 2656-226X; E-ISSN: 2656-6036

[img]
Preview
Text
755-Article Text-2578-1-10-20230706.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Konflik tidak bisa dihindari dalam dunia pendidikan. Adanya konflik bisa membawa dampak positif dan negatif. Penanganan konflik dengan strategi yang cepat dan tepat akan memberi dampak positif terhadap lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk konflik yang terjadi serta metode dan gaya penanganan konflik yang dilakukan oleh kepala madrasah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengam jenis studi kasus. Jenis konflik yang terjadi di MI al Urwatul Wutsqo yaitu jenis konflik antara kepala madrasah dengan guru, konflik antar perorangan (interpersonal) yaitu konflik yang terjadi diantara guru. Penangangan konflik antara kepala madrasah dan guru dilakukan dengan tahapan musyawarah mufakat, voting dan mengundang pengurus yayasan untuk memberi solusi. Penangann konflik antara guru dilaksanakan dengan gaya kolaborasi melalui tiga tahap yaitu 1) kepala madrasah mengidentifikasi penyebab terjadinya konflik, 2) Memahami dengan baik konflik yang sedang terjadi. 3) Menyelesaikan konflik dengan cara mendatangkan pihakpihak yang berkonflik.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. Hj. 196512152003122001 Sulistyorini, M. Ag
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:58
Last Modified: 10 Jul 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37403

Actions (login required)

View Item View Item