IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTs NURUL HIDAYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SHOLIHATUL AZIZAH, 12201193374 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTs NURUL HIDAYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembinaan Akhlak Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Islami Peserta Didik Di MTs Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Sholihatul Azizah, NIM. 12201193374, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, FAkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Implementasi,Metode,Pembinaan Akhlak, Budaya Sekolah Islami Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesenjangan antara idelitas dan realitas dari pembinaan akhlak pada remaja, dimana di Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam penanaman karakter dan akhlak yang baik pada peserta didik baik dengan pendidikan islam maupun pendidikan nasional. Akan tetapi kenyataanya sampai saat ini masih banyak terjadi kasus kenakalan remaja. Sehingga upaya pembinaan akhlak harus terus dilakukan oleh semua pihak, salah satunya dengan lembaga pendidikan. Akhlakul karimah akan terbentuk pada pribadi peserta didik dengan adanya budaya sekolah islami. Apabila budaya sekolah islami sudah tertanam dan berkembang dengan baik, maka pembentukan akhlak akan mudah dilakukan. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk mengaitkan antara pengembangan budaya sekolah islami dengan pengimplementasian metode pembinaan akhlak peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan untuk mengetahui, menanamkan, dan selanjutnya mengamalkan nilai-nilai dari pembinaan akhlak tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana implementasi metode uswah dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan? (2) Bagaimana implementasi metode ta’widiyah dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan? (3) Bagaimana implementasi metode tsawab dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan?. Adapun tujuan dari penelitian adalah; (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode uswah dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode ta’widiyah dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi metode tsawab dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitianya yaitu deskriptif kualitatif yang kemudian teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer dan sekunder, dimana sumber data primernya yaitu kepala sekolah, wakil bidang kesiswaan, dan guru agama sekaligus kepala pondok. Sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen tentang profil sekolah. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber, dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) Implementasi metode uswah dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan dilakukan dengan penanaman nilai-nilai islami dari keteladan Rasulullah dan para sahabat yang kemudian diintegrasikan dengan progam pendidikan yaitu, penerapan boarding school, pemberian contoh keteladanan yang baik oleh sesuluh pendidik, serta mengadakan kegiatan pembinaan akhlak pada pendidik dan peserta didik. Sehingga dengan pengimlementasian metode ini, budaya sekolah islami dapat berkembang dengan mengedepankan keteladanan dimana perilaku dan tindakan pendidik mencerminkan nilai-nilai islam yang diharapkan. (2) Implementasi metode ta’widiyah dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan berfokus pada praktik dan pembiasaan keislamian yang diberikan kepada peserta didik sejak memasuki madrasah sebelum peserta didik didahului dengan kebiasaan buruk. Pembiasaan tersebut antara lain seperti bertutur kata yang baik dan berperilaku yang sopan, kegiatan Hadrah dan Shalawat Nabi, ketaatan beribadah serta pengawasan yang terus dilakukan oleh seluruh pendidik. Dengan ini maka budaya sekolah islami dapat tumbuh dan tertanam dengan kuat karena kegiatan dan pembiasaan islami menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari di sekolah tersebut. (3) Implementasi metode tsawab dalam mengembangkan budaya sekolah islami peserta didik di MTs Nurul Hidayah Rejotangan dilakukan dengan dua cara yaitu pemberian hadiah dan hukuman kepada peserta didik. Pemberian hukuman dilakukan dengan dua cara yaitu sistem Iqab dan Mahkamah. Sedangkan pemberian hadiah diberikan kepada peserta didik yang berperilaku baik. Dengan ini peserta didik diberikan pemahaman tentang hubungan antara perbuatan baik dan pahala yang diperoleh, serta perbuatan buruk dan hukuman yang dihadapi. Sehingga tradisi islami di MTs Nurul Hidayah dapat berkembang dengan memotivasi peserta didik untuk berperilaku baik dan menjauhi perilaku buruk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193374 Sholihatul Azizah
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:13
Last Modified: 20 Jul 2023 01:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37579

Actions (login required)

View Item View Item