PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA (Studi Kasus: BUMDes Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)

NURUL FITRYAH, 12402193015 (2023) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA (Studi Kasus: BUMDes Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Badan Usaha Milik Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Perekonomian Desa (Studi Kasus: BUMDes Sumber Mulyo, Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Nurul Fitryah, NIM.12402193015, Pembimbing, Dr.Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan program dari BUMDes yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Desa Sumberejo Kulon. BUMDes berperan untuk melakukan inovasi dan kreativitasnya dalam mengelola serta memanfaatkan sumber daya alam serta memberdayakan sumber daya manusia dengan maksimal untk mendorong ekonomi desa sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat tercapai. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu(1) Bagaimana tahap-tahap pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon? (2) Bagaimana dampak pelaksanaan pemberdayaan BUMDes Sumber Mulyo dalam memberdayakan masyarakat Desa Sumberejo Kulon? (3) Apa saja kendala yang dihadapi pemerintah Desa beserta solusi dalam meningkatkan perekonomian Desa Sumberejo Kulon?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mendiskripsikan tahap-tahap pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes Sumber Mulyo Desa Sumberejo Kulon. (2) ) Untuk mendiskripsikan dampak pelaksanaan pemberdayaan BUMDes Sumber Mulyo dalam memberdayakan masyarakat Desa Sumberejo Kulon. (3) Untuk mendiskripsikan kendala yang dihadapi pemerintah Desa beserta solusi dalam meningkatkan perekonomian Desa Sumberejo Kulon. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tenik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahap-tahap pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes Sumber Mulyo dengan melakukan edukasi pengetahuan tentang BUMDes, selanjutnya memberdayakan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan langkah terakhir yakni menggali potensi desa sebagai wadah untuk menampung masyarakat yang telah memiliki daya atau keterampilan. (2) BUMdes memberikan dampak postif bagi masyarakat maupun desa yang dibuktikan dengan BUMDes mengkerjakan masyarakat desa dan memberikan tempat bagi masyarkat untuk berwirausaha. BUMDes juga meningkatkan dana desa berupa (PAD) tiap tahunnya. (3) Kendala yang dihapai BUMDes kesadaran masyarakat tentang BUMDes belum merata serta dana untuk melanjutkan pembangunan belum cukup. Kata kunci: BUMDes, Pemberdayaan, Perekonomian Desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193015 NURUL FITRYAH
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:01
Last Modified: 08 Aug 2023 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38446

Actions (login required)

View Item View Item