PENERAPAN PEDOMAN ASISTENSI AKUNTANSI KEUANGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DANA DESA (Studi Pada Desa Bono Kabupaten Tulungagung)

YULIA DWI RAHAYU, 12403183155 (2023) PENERAPAN PEDOMAN ASISTENSI AKUNTANSI KEUANGAN DESA DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DANA DESA (Studi Pada Desa Bono Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pedoman Asistensi Akuntansi Keuangan Desa Dalam Mewujudkan Akuntabilitas Dan Transparansi Dana Desa (Studi Pada Desa Bono Kabupaten Tulungagung),” yang ditulis oleh Yulia Dwi Rahayu, NIM. 12403183155, Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dyah Pravitasari, S.E, M.S.A. Akuntansi desa memiliki peran yaitu membantu perangkat desa untuk mengelola keuangan desa yang sesuai prinsip akuntansi yaitu akuntabilitas dan transparansi, maka dari itu tata kelola keuangan desa yang baik sesuai dengan peraturan pemerintah agar laporan keuangan desa bisa dipertanggungjawabkan kepada pihak berkepentingan dan masyarakat desa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Mendeskripsikan penerapan pedoman asistensi akuntansi keuangan desa Bono kecamatan Boyolangu Kab.Tulungagung dalam mewujudkan akuntabilitas dan Transparansi dana desa.(2) Mendeskripsikan kendala-kendala penerapan pedoman asistensi akuntansi keuangan desa Bono kecamatan Boyolangu Kab.Tulungagung dalam mewujudkan akuntabilitas dan Transparansi dana desa. (3) Mendeskripsikan penerapan pedoman asistensi akuntansi keuangan desa dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dana desa dalam prespektif Akuntansi Syariah. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di Bono kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data wawancara dengan narasumber, dan data sekunder berupa aturan pengelolaan keuangan desa di Desa Bono kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, (1) Penerapan akuntansi desa dalam pengelolaan keuangan desa yaitu melaluai perencanaan, pelaksanaan, penata usaha, pelaporan dan pertanggung jawaban melalui muyawarah desa. Selanjutnya hasil tersebut di kelola oleh tim Pengelola Keuangan Desa (PKD) sebelum diajukan kepada kepala desa untuk meminta persetujuan. (2) Saat penerapan akuntansi desa atau pengelolaan keuangan desa tidak ada kendala, Cuma pada tahun 2020 banyak perubahan rencana anggaran yang sudah disusun pada tahun 2019. Perubahan tersebut karena ada terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB), yang dialami bencana saat ini adalah masa pandemi covid-19. (3) Pengelolaan dana Desa Bono sudah sesuai dengan prinsip akuntansi syariah yaitu prinsip pertanggungjawaban dengan membuat laporan pertanggungjawaban yang dilaporkan kepada pihak-pihak terkait, prinsip keadilan dengan memberikan kesempatan yang sama bagi masyarakat dan prinsip kebenaran bahwa benar apa yang ditulis sesuai dengan yang terealisasi. Kata Kunci : Akuntansi Desa, Akuntansi Syariah, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 17401163120 Arju Jannah
Date Deposited: 01 Sep 2023 10:26
Last Modified: 01 Sep 2023 10:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38847

Actions (login required)

View Item View Item