ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) SISWA KELAS X DI MAN 1 BLITAR

THOYYIBAH NAILA AMIR, 12204193132 (2023) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) SISWA KELAS X DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Thoyyibah Naila Amir, NIM 12204193132, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, SPLTV Kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran matematika merupakan kondisi dimana siswa mengalami gangguan-gangguan dalam proses pembelajaran. Pemahaman konseptual dalam pembelajaran matematika merupakan unsur mendasar yang harus dipahami oleh siswa. Selain pemahaman konseptual, pemahaman prosedural dalam pembelajaran matematika juga sangat penting untuk dipahami. Dengan pemahaman prosedural, dalam matematika maka akan memudahkan siswa dalam menggunakan simbol-simbol matematika dan menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konseptual dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X di MAN 1 Blitar; dan (2) untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman prosedural dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X di MAN 1 Blitar. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes soal, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan pemahaman konseptual siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel yaitu kesulitan mengaplikasikan konsep secara terurut dalam pemecahan masalah, kesulitan menyajikan konsep dalam bentuk model matematika, dan kesulitan membuat kesimpulan; dan (2) kesulitan pemahaman prosedural siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel yaitu kesulitan memilih prosedur atau langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan, kesulitan mengetahui tentang kapan dan bagaimana menggunakan prosedur, dan kesulitan mengaplikasikan langkah-langkah yang dipilih untuk pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193132 Thoyyibah Naila Amir
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:46
Last Modified: 16 Aug 2023 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38869

Actions (login required)

View Item View Item