PEMBERLAKUAN PROGRAM ASURANSI DAN LEMBAGA PEMBIAYAAN PADA USAHA KELOMPOK TANI DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN PEMBERDAYAAN PETANI (Studi Kasus di Desa Sodo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)

NADYA FADILA AGUSTINA, 12101193122 (2023) PEMBERLAKUAN PROGRAM ASURANSI DAN LEMBAGA PEMBIAYAAN PADA USAHA KELOMPOK TANI DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN PEMBERDAYAAN PETANI (Studi Kasus di Desa Sodo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nadya Fadila Agustina, NIM. 12101193122, Pemberlakuan Program Asuransi dan Lembaga Pembiayaan pada Usaha Kelompok Tani ditinjau dari Fikih Muamalah dan Undang-Undang No 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Pemberdayaan Petani (Studi Kasus di Desa Sodo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN SATU Tulungagung, 2023, Pembimbing: Dr. Budi Kolistiawan, S.Pd., M.E.I Kata Kunci: Kelompok Tani, Fikih Muamalah, Undang-Undang No 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktik Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 di Desa Sodo Kecamatan Paakel Kabupaten Tulungagung terkait adanya fasilitas asuransi pertanian dan fasilitas pembiayaan bagi petani. Sehingga penulis ingin meneliti lebih dalam bagaimana pemberlakuan fasilitas asuransi pertanian dan fasilitas lembaga pembiayaan serta bagaimana tinjauan fikih muamalah terkait fasilitas pembiayaan tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah:(1) Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung untuk merealisasikan program asuransi usaha bagi kelompok tani? (2) Bagaimana implementasi UndangUndang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani terkait lembaga pembiayaan pada usaha kelompok tani di Desa Sodo, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimanakah praktik pembiayaan pada usaha kelompok tani yang diberikan oleh pemerintah ditinjau dari fikih muamalah?. Tujuan penelitian yaitu ingin menganalisa peran Pemerintah terutama Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung dalam merealisasikan program asuransi dan lembaga pembiayaan berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani pada usaha kelompok tani, serta ingin menganalisa produk pembiayaan sektor pertanian berdasarkan fikih muamalah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang berada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) pemberlakuan fasilitas asuransi pertanian yang sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 di Desa Sodo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung.(2) pemberlakuan fasilitas pembiayaan pertanian dan pembiayaan bank khusus petani berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 di Desa Sodo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. (3) praktik perjanjian pada pembiayaan bank khusus petani yang didalamnya terdapat ketentuan bunga sehingga mengarah pada pembiayaan yang mengandung unsur riba, sehingga praktik perjanjian pada pembiayaan tersebut dapat dibenarkan berdasarkan akad musyarakah yang ada dalam fikih muamalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101193122 NADYA FADILA AGUSTINA
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:57
Last Modified: 16 Aug 2023 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38913

Actions (login required)

View Item View Item