PENGARUH LAYANAN FRONTLINER DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU MADIUN

FITHROTUL IMANURROVI, 12401193014 (2023) PENGARUH LAYANAN FRONTLINER DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU MADIUN. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH LAYANAN FRONTLINER DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA KCP MADIUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Persaingan antara bank syariah dan bank konvensional dalam mengumpulkan nasabah untuk menggunakan produknya semakin ketat. Bank syariah, khususnya Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun juga terus berupaya meningkatkan layanannya untuk dapat mempertahankan nasabah. Bagi Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, keberadaan nasabah yang setia dan loyal sangat penting karena dapat menggambarkan besarnya profitabilitas dan citra perusahaan dimata publik. Dengan kualitas pelayanan yang baik, kepercayaan yang penuh dari nasabah, komitmen yang erat, komunikasi yang baik, dan penanganan masalah yang ramah dan tepat, tentunya akan membuat Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun akan semakin disukai oleh nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan frontliner terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, serta mengetahui pengaruh layanan frontliner, dan relationship marketing secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan frontliner berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, layanan frontliner dan relationship marketing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Kata kunci— Bank Syariah, Kualitas Layanan, Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193014 FITHROTUL IMANURROVI
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:15
Last Modified: 18 Aug 2023 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38971

Actions (login required)

View Item View Item