AULIYAH ERMEI DAMAYANTI, 12212193038 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Sistem Periodik Unsur” ini ditulis oleh Auliyah Ermei Damayanti, NIM 12212193038, Dosen Pembimbing: Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Sistem Periodik Unsur. Sistem Periodik Unsur merupakan materi kimia yang lebih menitik beratkan pada hafalan sehingga peserta didik mengalami kesulitan maupun miskonsepsi. Hal tersebut dikarenakan pelajaran kimia memiliki karakteristik berupa makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Pemahaman karakteristik makroskopik, submikroskopik dan simbolik yang tidak seimbang dapat mengakibatkan kesulitan peserta didik dalam memahami dan mengaitkan konsep kimia, sehingga banyak terjadi miskonsepsi pada peserta didik. Media interaktif dapat membuat peserta didik lebih aktif dan mudah memahami materi. Oleh karena itu, Peneliti mengembangkan media interaktif untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari kimia khususnya pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan produk media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem periodik unsur, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem periodik unsur, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem periodik unsur. Model penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Tahapan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket peserta didik untuk mengetahui respon terhadap penggunaan produk. Validasi dilakukan oleh ahli media dan materi yang merupakan 1 dosen kimia dan 1 guru kimia di SMAN 1 Ngunut. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 32 peserta didik kelas X A di SMAN 1 Ngunut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem periodik unsur, (2) kelayakan produk mendapatkan persentase rata-rata dari ahli materi dan media sebesar 95% dengan kategori sangat layak, (3) respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia khususnya pada materi sistem periodik unsur.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193038 AULIYAH ERMEI DAMAYANTI |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:51 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39229 |
Actions (login required)
View Item |