IMAJINASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI LKP SCIENCE SOCIETY CABANG TULUNGAGUNG

EVA RIZKIYANTI, 12851221009 (2023) IMAJINASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI LKP SCIENCE SOCIETY CABANG TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Imajinasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Geometri Ditinjau dari Field Independent dan Field Dependent di LKP Science Society Cabang Tulungagung” ditulis oleh Eva Rizkiyanti, NIM. 12851221009, pembimbing Dr. Ummu Shoihah, S.Pd., M.Si., Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Imajinasi Matematis, Soal HOTS, Field Independent dan Field Dependent. Imajinasi merupakan hal yang penting dalam memahami matematika karena didalam penemuan matematika yang bergerak bukanlah akal melainkan imajinasi. Imajinasi tidak hanya digunakan untuk membantu seseorang mendapatkan pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang ada, tetapi juga untuk mentransfer dari satu bidang pengetahuan ke bidang lain dan menggunakan kesimpulan untuk memecahkan masalah yang baru. Sehingga imajinasi dapat merangsang kreativitas dalam berpikir dan melibatkan emosi siswa, dengan pembelajaran yang lebih bermakna. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya imajinasi, salah satunya faktor lingkungan. Gaya kognitif yang dipengaruhi faktor lingkungan adalah gaya kognitif field independent (FI), ketika individu mereaksikan sebagian besar tingkah laku dirinya cenderung tidak dipengaruhi oleh lingkungan, sedangkan field dependent (FD) ketika seseorang merespon dirinya cenderung dipengaruhi oleh lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Proses Imajinasi Matematis Siswa Field Independent dalam Menyelesaikan soal HOTS di LKP Science Society Cabang Tulungagung 2). Untuk Mendeskripsikan Proses Imajinasi Matematis Siswa Field Independent dalam Menyelesaikan soal HOTS di LKP Science Society Cabang Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 3 siswa field independent dan 3 siswa field dependent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT, tes imajinasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan, ketekunan/keajekan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1). Proses Imajinasi Matematis Siswa Field Independent dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi geometri memunculkan sembilan indikator. Sembilan indikator tersebut adalah intuisi, kristalisasi, produktivitas, kepekaan/sensibilitas, eksplorasi, inovasi/kebaruan, elaborasi, transformasi, dan efektifitas. 2). Proses Imajinasi Matematis Siswa Field Dependent dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi geometri memunculkan lima indikator. Dan empat indikator tidak muncul. Lima indikator tersebut adalah Intuisi, kristalisasi, kepekaan/sensibilitas, transformasi dan eksplorasi. Dan empat indikator yang tidak muncul tersebut adalah elaborasi, inovasi atau kebaruan, produktivitas dan efektifitas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221009 Eva Rizkiyanti
Date Deposited: 29 Aug 2023 14:54
Last Modified: 29 Aug 2023 14:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39532

Actions (login required)

View Item View Item