RETORIKA DAKWAH NING IMAZ MELALUI YOUTUBE (STUDI PADA VIDEO AKUN NU ONLINE TENTANG BOLEHKAH CHILDFREE DALAM ISLAM?)

INAYAH NUR SALSABILA, 12305193132 (2023) RETORIKA DAKWAH NING IMAZ MELALUI YOUTUBE (STUDI PADA VIDEO AKUN NU ONLINE TENTANG BOLEHKAH CHILDFREE DALAM ISLAM?). [ Skripsi ]

[img] Text
RETORIKA DAKWAH NING IMAZ MELALUI YOUTUBE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana retorika dakwah Ning Imaz dalam memaparkan hukum mengenai childfree, dimana childfree dijadikan komitmen dalam sebuah pernikahan. Dalam artikel juga dibahas mengenai retorika dakwah yang digunakan oleh Ning Imaz, retorika dakwah sendiri merupakan sebuah gaya bahasa atau seni berbicara dalam menyampaikan pesan dakwah yang dilakukan oleh pendakwah yang bertujuan untuk mempengaruhi para mad’u. Perkembangan teknologi yaitu YouTube, yang menghasilkan media baru saat ini menjadikan lebih terarah dan juga memudahkan dalam mejangkau para mad’u. Teori retorika dakwah yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori retorika persuasif perspektif Aristoteles atau yang biasa dikenal formula segitiga retorika Aristoteles. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ning Imaz selalu menerapkan 3 cara yang dijelaskan dalam teori retorika persuasif perspektif Aristoteles yaitu, ethos, pathos, dan logos. Dengan kredibilitas yang dimiliki, Ning Imaz mampu menjangkau masyarakat terutama anak muda dari sisi rasional dalam penyampaian isi dakwahnya. Ning Imaz juga menjadi sosok inspirasi bagi wanita muslimah dengan kesederhanaan tutur kata maupun gaya busana yang dipakai. Kata Kunci : Retorika Dakwah, Childfree, Ning Imaz

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193132 Inayah Nur Salsabila
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:31
Last Modified: 06 Sep 2023 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39829

Actions (login required)

View Item View Item