MAYANG RIZA ANDINI, 12204183312 (2023) PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemberian Scaffolding Untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Mayang Riza Andini, NIM. 12204183312, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Prosedur Newman, Aritmatika Sosial, Soal Cerita Matematika, Scaffolding Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tinginya intensitas kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berasal dari siswa itu sendiri dan dari guru. Faktor dari siswa yaitu siswa tidak memahami informasi yang ada pada soal, kurangnya ketelitian siswa, kurangnya keterampilan siswa, lupa, dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal. Jenis bantuan yang dapat diberikan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika adalah dengan memberikan scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman; 2) mendeskripsikan jenis pemberian scaffolding dalam upaya mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika; dan 3) mendeskripsikan pengaruh pemberian scaffolding terhadap proses penyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis sebanyak dua kali, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengambilan data dilakukan di MTsN 2 Kota Blitar, tepatnya di kelas VIIB. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian yang telah dilakukan adalah 1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa MTsN 2 Kota Blitar dalam mengerjakan soal cerita matematika adalah kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan menuliskan jawaban akhir (encoding error); 2) jenis pemberian scaffolding untuk kesalahan transformasi berupa reviewing, explaining, restructuring dan developing conceptual thinking. Pemberian scaffolding untuk kesalahan keterampilan proses berupa reviewing dan restructuring. Pemberian scaffolding untuk kesalahan menuliskan jawaban akhir berupa reviewing dan restructuring; 3) pemberian scaffolding dapat mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya kesalahan yang sama untuk jenis soal yang serupa pada materi aritmatika sosial dengan jenis soal cerita.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183312 MAYANG RIZA ANDINI |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 11:21 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 11:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39922 |
Actions (login required)
View Item |