PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTSN 2 KOTA BLITAR

MAYANG RIZA ANDINI, 12204183312 (2023) PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemberian Scaffolding Untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Mayang Riza Andini, NIM. 12204183312, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Prosedur Newman, Aritmatika Sosial, Soal Cerita Matematika, Scaffolding Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tinginya intensitas kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berasal dari siswa itu sendiri dan dari guru. Faktor dari siswa yaitu siswa tidak memahami informasi yang ada pada soal, kurangnya ketelitian siswa, kurangnya keterampilan siswa, lupa, dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal. Jenis bantuan yang dapat diberikan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika adalah dengan memberikan scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman; 2) mendeskripsikan jenis pemberian scaffolding dalam upaya mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika; dan 3) mendeskripsikan pengaruh pemberian scaffolding terhadap proses penyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis sebanyak dua kali, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengambilan data dilakukan di MTsN 2 Kota Blitar, tepatnya di kelas VIIB. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian yang telah dilakukan adalah 1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa MTsN 2 Kota Blitar dalam mengerjakan soal cerita matematika adalah kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan menuliskan jawaban akhir (encoding error); 2) jenis pemberian scaffolding untuk kesalahan transformasi berupa reviewing, explaining, restructuring dan developing conceptual thinking. Pemberian scaffolding untuk kesalahan keterampilan proses berupa reviewing dan restructuring. Pemberian scaffolding untuk kesalahan menuliskan jawaban akhir berupa reviewing dan restructuring; 3) pemberian scaffolding dapat mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya kesalahan yang sama untuk jenis soal yang serupa pada materi aritmatika sosial dengan jenis soal cerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183312 MAYANG RIZA ANDINI
Date Deposited: 06 Sep 2023 11:21
Last Modified: 06 Sep 2023 11:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39922

Actions (login required)

View Item View Item