EMILIA PRASIDA SARI, 12306193067 (2023) MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA TKI (Studi Kasus Siswa SMPN 2 Sumbergempol). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (804kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Emilia Prasida Sari NIM 12306193067. 2023 “Motivasi Belajar Siswa dari Keluarga TKI (Studi Kasus Siswa SMPN 2 Sumbergempol)” Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Bapak Ahmad Fauzan, SS., M.Pd.I Kata Kunci : Motivasi Belajar, TKI (Tenaga Kerja Indonesia) Penelitian ini berdasarkan temuan fenomena yang ada dilapangan yang menunjukkan permasalahan-permasalahan yang terjadi mengenai motivasi belajar pada siswa yang ada di SMPN 2 Sumbergempol. Banyak permasalahan yang dialami siswa yang menyangkut motivasi belajar dan kebanyakan keluarga dari siswa siswi SMPN 2 Sumbergempol yang bekerja sebagai TKI (Tenaga kerja Indonesia). Siswa yang sering melanggar peraturan disekolah seperti membolos, tidak mengikuti pelajaran, datang terlambat dalam hal ini berkaitan dengan motivasi belajar yang kurang optimal. Mereka tidak memiliki antusias dalam kegiatan belajar seperti tidur dikelas, tidak memperhatikan guru dan berbicara sendiri dengan temannya. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa. Dalam dunia pendidikan siswa sangat memerlukan motivasi belajar untuk menentukan keberhasilan dari apa yang diperoleh dan dipelajari selama disekolah. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa siswi SMPN 2 sumbergempol dari keluarga TKI dan penanganan yang dilakukan oleh guru BK SMPN 2 Sumbergempol dalam kasus ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Pemaparan Data, dan Simpulan. Peneliti mewawancarai 6 responden yakni 3 informan utama yaitu siswa SMPN 2 Sumbergempol dan 3 informan sebagai Significant other. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar siswa dari keluarga TKI di SMPN 2 Sumbergempol tidak memenuhi indikator-indikator dalam motivasi belajar dan dapat dikatakan cenderung rendah, diketahui bahwa hasil dari data observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki motivasi belajar seperti sering menunda-nunda waktu untuk belajar, tidak ingin melanjutkan ke jenjang SMA/SMK, pergi bersekolah hanya formalitas saja tanpa tujuan untuk belajar, tidak merasa nyaman untuk belajar dirumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:02 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40409 |
Actions (login required)
View Item |