PENGARUH PENERAPAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI I NGUNUT TULUNGAGUNG

INDAH VIDIANA PUTRI, 12211193028 (2023) PENGARUH PENERAPAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI I NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Indah Vidiana Putri, 12211193028, 2023, Pengaruh Penerapan Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing: Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Simulasi PhET, Hasil Belajar, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Ngunut pada materi gelombang bunyi karena minat belajar siswa yang masih rendah. Selain itu pembelajaran berbasis eksperimen belum pernah dilakukan karena fasilitas yang kurang memadahi. Oleh karena itu diberikan media pembelajaran simulasi PhET yang berperan dalam upaya meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan simulasi PhET terhadap hasil belajar pada materi gelombang bunyi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. 2. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan simulasi PhET terhadap minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. 3. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan simulasi PhET terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ngunut dengan sampel 31 siswa pada kelas kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimental dengan bentuk post-test only control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal post-test dalam bentuk soal pilihan ganda serta angket minat belajar. Analisis data hipotesis menggunakan uji T-Test yaitu Independent Sample T-Test serta uji MANOVA. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test post-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,047<0,05, yang artinya ada pengaruh penerapan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa. Pada uji Independent Sample T-Test angket minat belajar diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,002<0,05, yang artinya ada pengaruh penerapan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa. Pada uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi 0,002<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh simulasi PhET terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Indah 12211193028 Indah Vidiana Putri
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:11
Last Modified: 25 Sep 2023 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40430

Actions (login required)

View Item View Item