PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP PEMBELAJARAN SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA’ALLIMAT BERDASARKAN MODEL THE SEVEN PILLARS

ULFA AINA LITTAQWA, 12310193069 (2023) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP PEMBELAJARAN SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA’ALLIMAT BERDASARKAN MODEL THE SEVEN PILLARS. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP PEMBELAJARAN SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA’ALLIMAT BERDASARKAN MODEL THE SEVEN PILLARS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap pembelajaran santri di pondok pesantren Bustanul Muta’allimat berdasarkan model The Seven Pillars. Dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, sampel yang diperoleh yaitu 87 responden yang didapatkan dari perhitungan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Pengukuran skala dalam kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji regresi linieritas sederhana yang menghasilkan model hubungan yang regresi berjumlah 0,323 > 9,922 dan berkontribusi 43,6% dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dalam literasi informasi model The Seven Pillars terhadap pembelajaran santri. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada variabel literasi informasi model The Seven Pillars terhadap pembelajaran santri pondok pesantren Bustanul Muta’allimat. Keyword : Literasi Informasi, Pembelajaran Santri, The Seven Pillars

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 12310193069 Ulfa Aina Littaqwa
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:11
Last Modified: 05 Oct 2023 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40735

Actions (login required)

View Item View Item