ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI COMPUTATIONAL THINKING SKILLS SISWA KELAS VIII SMPN 3 KARANGAN TRENGGALEK

SANTI CAHYO DEWANTI, 12851221020 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI COMPUTATIONAL THINKING SKILLS SISWA KELAS VIII SMPN 3 KARANGAN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Computational Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMPN 3 Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Santi Cahyo Dewanti, NIM. 12851221020, pembimbing I Dr. Muniri, M.Pd., pembimbing II Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika, Computational Thinking Skills, PISA Rendahnya kualitas literasi matematika siswa di Indonesia yang dibuktikan oleh hasil tes PISA disetiap periodenya masih menjadi pembahasan yang perlu untuk dikaji. Terlebih dalam PISA Framework 2022 mengangkat fokus baru yaitu computational thinking yang merupakan aspek pembentuk dimensi literasi matematika. Selain itu, tuntuntan zaman dimana siswa harus melek teknologi menjadi salah satu faktor pentingnya mengetahui computational thinking skills yang dimiliki siswa saat ini. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dengan computational thinking skills kategori credit dan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dengan computational thinking skills kategori pass siswa kelas VIII SMPN 3 Karangan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematika, tes Bebras (Bebras Task) dan wawancara. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa credit masuk level 5 literasi matematika yang menyatakan siswa mampu mengembangkan dan bekerja dengan model matematika dalam situasi yang kompleks, mengidentifikasi batasan dan menentukan asumsi. Ia mampu memilih, membandingkan, dan mengevaluasi strategi pemecahan masalah yang tepat untuk menyelesaikan masalah kompleks berkaitan dengan model-model tersebut. Siswa mampu bekerja secara strategis, menggunakan pemikiran yang luas dan mengembangkan keterampilan penalaran dengan baik, merepresentasikan dengan tepat, dapat menyajikan masalah dalam bentuk simbol serta memiliki wawasan yang berkaitan dengan situasi tersebut. Ia mampu merefleksikan tindakannya dan merumuskan serta mengkomunikasikan interpretasi dan penalarannya. Sedangkan siswa dalam kategori pass masuk pada level 1 kemampuan literasi matematika dimana siswa hanya mampu menjawab pertanyaan yang melibatkan konteks biasa (sudah dikenal) dimana semua informasi yang relevan ada dan pertanyaannya didefinisikan dengan jelas. Ia mampu mengidentifikasi informasi dan melaksanakan prosedur rutin sesuai dengan instruksi langsung dalam situasi eksplisit. Siswa ini mampu melakukan tendakan yang jelas dengan mengikuti rangsangan yang diberikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221020 SANTI CAHYO DEWANTI
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:46
Last Modified: 12 Oct 2023 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40822

Actions (login required)

View Item View Item