LAILIA KHOIRUN NISAK, 12308193051 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK INKLUSI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 NGUNUT. [ Skripsi ]
Text
STRATEGI PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK INKLUSI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 NGUNUT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan sosioemosional merupakan masalah utama yang di alami oleh anak berkebutuhan khusus dari yang mereka kesulitan dalam mengontrol emosi, perilaku, serta sulit bekerja sama dengan temannya. Namun bukan berarti perkembangan tersebut di biarkan dan dianggap wajar perkembangan sosioemosional mampu mengalami perubahan jika lingkungan sekitar mampu mensuport dengan baik. Dengan demikian penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini merupakan 3 perwakilan anak dengan berkebutuhan khusus yang ada di TK Inklusi Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Fokus kajian penelitian ini yaitu mengenai bagaimana pengembangan sosioemosional yang di terapkan pada anak berkebutuhan khusus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Serta bagaimana progres perkembangan sosioemosional anak berkebutuhan khusus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut. Hasil dari penelitian yaitu strategi pengembangan yang di terapkan di sana adalah metode pembiasaan yang dimana di ulang setiap hari hingga anak mampu melakukan sendiri. Progres perkembangan di tunjukan ketiga subjek menunjukan sikap tidak mudah menyerah saat belajar, mampu berbaris dengan rapi, dan mampu merefleksikan rasa terimakasih dan maaf.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > ABK Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Karakter Psikologi Psikologi > Psikologi pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308193051 Lailia Khoirun nisak |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:19 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40977 |
Actions (login required)
View Item |