INTERAKSIONISME SIMBOLIK TRADISI PETHIK PADI ATAU WIWITAN DALAM PELESTARIAN BUDAYA JAWA (Studi Kasus di Kelurahan Tangkil Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar)

SITI USWATUN HIDAYAH, 12309193019 (2024) INTERAKSIONISME SIMBOLIK TRADISI PETHIK PADI ATAU WIWITAN DALAM PELESTARIAN BUDAYA JAWA (Studi Kasus di Kelurahan Tangkil Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
Interaksionisme Simbolik Tradisi Pethik Padi atau Wiwitan dalam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tradisi merupakan pengetahuan, kebiasaan, doktrin, dan lain sebagainya yang dipahami secara turun temurun atau warisan yang bersifat sosial yang memenuhi syarat yakni tetap hidup dan berjalan pada masa sekarang serta terikat kuat bersama kehidupan manusia saat ini. Salah satu tradisi yang masih ada di Indonesia terkhusus masyarakat Jawa adalah tradisi pethik padi atau wiwitan. Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat di Jawa ketika akan melaksanakan panen padi sebagai rasa syukur akan nikmat kepada Tuhan. Makna simbolik dalam melaksanakan ritual ini menjadi suatu hal yang patut untuk diteliti serta bagaimana pelaksanaan tradisi di Kel. Tangkil sebagai upaya pelestarian budaya jawa. Penelitian ini berada di Dsn. Tumpuk Rt 02/Rw 06 kel. Tangkil Kec. Wlingi Kab. Blitar. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik George Herbert Mead, untuk mengetahui makna simbolik yang terjadi pada tradisi tersebut. Tujuan dari penelitian ini guna untuk mengkaji lebih dalam makna simbolik serta untuk mengetahui tradisi pethik padi di Kel. Tangkil dalam pelestarian budaya jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya interaksi sosial yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan simbol-simbol yang memiliki makna. Bentuk dari interaksi simbolik dalam tradisi tersebut ialah ide masyarakat, simbol, gesture dan perbedan cara pelaksanaan tradisi. Kata Kunci: Tradisi, Ritual Pethik Padi, Interaksionisme Simbolik, Simbol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Sosiologi Agama > Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309193019 SITI USWATUN HIDAYAH
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:05
Last Modified: 22 Mar 2024 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41039

Actions (login required)

View Item View Item