POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI KURIKULUM MERDEKA

ANGGITA SAFITRI, 12305193130 (2023) POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI KURIKULUM MERDEKA. [ Skripsi ]

[img] Text
Anggita_Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Abstrak: Kurikulum Merdeka adalah suatu pendekatan kurikulum yang fokus pada pembentukan profil siswa yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, dengan tujuan utama untuk memperkuat karakter dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjelajahi dan mengembangkan bakat serta minat sesuai dengan potensi dan kemampuan mereka. Kurikulum Merdeka berupaya melibatkan orang tua lebih aktif secara komunikasi dan koordinasi, sehingga dibutuhkan pola komunikasi dalam keluarga. Pola komunikasi keluarga merujuk pada cara interaksi komunikasi yang terjadi antara anggota keluarga dalam lingkungan keluarga. Pola ini melibatkan cara orang tua dan anak saling berkomunikasi, bertukar informasi, memahami, dan membentuk hubungan interpersonal yang unik terutama dalam pendampingan pembelajaran di rumah. Oleh karena itu, penelitian mengenai pola komunikasi antara orang tua dan anak dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka sangat penting agar pembelajaran tersebut dapat terlaksana secara efektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pola komunikasi keluarga dalam pendampingan pembelajaran Kurikulum Merdeka. Pola komunikasi keluarga ini untuk memastikan pemahaman yang mendalam yang diterapkan antara orang tua dan anak sehingga tercipta komunikasi yang baik dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melalui teknik wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa kelas 1 dan 4 dari perwakilan SDN Kepanjenkidul 1, SDN Karangtengah 3 dan SDN Karangsari 3 Kota Blitar. Hasil penelitian ini dapat memberikan pandangan orang tua agar memahami pola komunikasi yang efektif dengan anak sehingga pembelajaran lebih baik dan optimal. Kata Kunci: Komunikasi Keluarga, Pembelajaran, Peran Orang Tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193130 ANGGITA SAFITRI
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:16
Last Modified: 16 Oct 2023 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41056

Actions (login required)

View Item View Item