KINERJA GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X DI MAN TULUNGAGUNG 2

NUR AZIZAH, 2811123178 (2016) KINERJA GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X DI MAN TULUNGAGUNG 2. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Nur Azizah, NIM. 2811123178, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negri 2 Tulungagung “.Dosen pembimbing: Hj.Indah Komsiyah,M.Pd Salah satu bagian dari pendidikan islam adalah pendidikan akhlak, akhlak adalah ilmu yang menjelaskan baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang harus diperbuat. Masalah akhlak adalah masalah yang sangat penting dalam kehidupan, pendidikan agama islam merupakan kebutuhan yang dapat digunakan landasan baik dalam kehidupan keluarga maupun kehidupan bangsa dan bernegara. Pendidikan akhlak merupakan masalah yang dinamik, merupakan isu yang selalu muncul. Dinegara-negara maju maupun yang sedang berkembang pendidikan akhlak diselenggarakan untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang berlandasan agama. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu : 1.Bagaimana perencanaan guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas x di MAN Tulungagung 2? 2.Bagaimana implementasi guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas x di MAN tulungagung 2? 3.Bagaimana evaluasi guru aqidah akhlaq dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas x di MAN tulungagung 2? Adapun yang menjadi tujuan tujuan penelitian ini adalah : 1.Untuk mengetahui perencanaan guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas x di MAN Tulungagung 2. 2. Untuk mengetahui implementasi guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas x di MAN tulungagung 2. 3. Untuk mengetahui evaluasi guru aqidah akhlaq dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas x di MAN tulungagung 2. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif . dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pengumpulan data, sajian data, reduksi data, vertifikasi dan simpulan data. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan disini bahwa : Perencanaan guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa guru sebelum mengajar telah mempersiapkan atau menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agenda pembelajaran dan system penilaian. Implementasi guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa: menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan, pemberian hukuman, ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan resitasi. Evaluasi guru aqidah akhlaq dalam pembinaan akhlakul karimah siswa, Dengan cara tanya jawab dan penilaian secara langsung kepada masing-masing individu dengan cara melihat secara langsung bagaimana sikap, sifat dan perilakunya sehari-hari, penugasan dan ulangan harian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123178 NUR AZIZAH
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:45
Last Modified: 20 Dec 2016 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item