MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MODERATOR PENGARUH FEAR OF MISSING OUT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UNIVERSITAS SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LISA ERA WATI, 12308193148 (2023) MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MODERATOR PENGARUH FEAR OF MISSING OUT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UNIVERSITAS SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MODERATOR PENGARUH FEAR OF MISSING OUT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM UNIVERSITAS SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan konteks Fear of Missing Out (FoMO), pada prokrastinasi akademik mahasiswa Psikologi Islam di Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini juga mencoba untuk memahami apakah motivasi belajar berperan sebagai moderator dalam hubungan antara FoMO dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini, yang melibatkan 295 mahasiswa, menunjukkan bahwa FoMO memiliki pengaruh signifikan pada prokrastinasi akademik, dengan arah yang positif. Artinya, semakin tinggi tingkat FoMO, semakin tinggi juga tingkat prokrastinasi akademik. Namun, temuan ini juga menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak mampu memoderasi pengaruh FoMO terhadap prokrastinasi akademik. Dengan kata lain, motivasi belajar tidak dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh FoMO pada prokrastinasi akademik. Motivasi belajar mungkin tidak cukup untuk mengurangi dampak FoMO pada prokrastinasi akademik. Hal ini juga menggambarkan bahwa FoMO dari penggunaan media sosial mempunyai dampak negatif pada perilaku belajar mahasiswa, dan motivasi belajar tidak selalu efektif dalam mengatasi dampak negatif ini. Penelitian ini memberikan wawasan yang berguna tentang hubungan antara FoMO dan prokrastinasi akademik serta peran motivasi belajar dalam konteks ini. Dalam pengembangan penelitian selanjutnya, mungkin dapat dijelaskan lebih lanjut faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik, serta strategi yang lebih efektif untuk mengelola dampak FoMO pada perilaku belajar mahasiswa. Kata Kunci: Motivasi belajar, Fear Of Missing Out, Ptokrastinasi Akademik

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193148 LISA ERA WATI
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:30
Last Modified: 21 Nov 2023 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42047

Actions (login required)

View Item View Item