ROISATUL ADAWIYAH, 12208193004 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEET MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (402kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung”, ditulis oleh Roisatul Adawiyah, NIM. 12208193004,pembimbing Nani Sunarmi, S.Si, M.Sc. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung pembelajaran, karena media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memahami materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran adalah LKPD. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan yang telah dilakukan di MTsN 1 Tulungagung didapatkan informasi perlu adanya pengembangan LKPD lebih lanjut. Dalam penerapanya ketika guru menggunakan LKPD cetak dalam proses pembelajaran terkadang siswa merasa cepat bosan sehingga siswa nampak kurang menyimak pembelajaran dengan baik. Selain itu, ketika guru memberikan tugas untuk mengerjakan LKPD dirumah yang terjadi adalah lembar yang sudah dibagikan kepada siswa sering hilang, hal tersebut mengakibatkan guru harus memberikan kembali LKPD kepada siswa secara berulang sehingga hal tersebut dirasa kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, jika dilihat penggunaan LKPD cetak dalam membantu proses pembelajaran dapat ditingkatkan lagi menjadi media ajar yang efektif, efisien, menarik dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung, 2) untuk mendeskripsikan kevalidan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagug, 3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung, 4) untuk mendeskripsikan kefektifan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet pada materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain (1) Terdapat 3 E-LKPD yang dihasilkan dalam penelitian ini yang disusun menggunakan model pengembangan ADDIE dengan bantuan aplikasi canva dan situs web liveworksheet. Beberapa komponen yang terdapat di dalamnya antara lain halaman cover, kolom identitas siswa, petunjuk pengerjaan E-LKPD, kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, latihan soal dan halaman refleksi. (2) Hasil validasi produk ahli media memperoleh presentase sebesar 86% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan, hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan dan validasi oleh guru pengajar IPA memperoleh presentase sebesar 92,63% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. (3) Hasil uji kepraktisan E-LKPD kepada siswa memperoleh rata-rata presentase sebesar 88,52%. Berdasarkan kualifikasi uji kepraktisan tersebut maka produk E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet pada materi sistem pernapasan manusia mendapat kriteria sangat praktis dan layak digunakan. (4) Hasil uji t-test independent pada post test kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,029 yang artinya nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,029 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan E-LKPD pada materi sistem pernapasan manusia efektif digunakan dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193004 ROISATUL ADAWIYAH |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 05:58 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 05:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42148 |
Actions (login required)
View Item |