NAYLA NUR MITSTAMIROTUL AWWALIYAH, 12308183019 (2023) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI ISLAM ANGKATAN 2018 UIN SATU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Pendidikan merupakan proses yang kompleks karena bukan hanya mencakup informasi dari dosen tetapi harus mencakup berbagai aktivitas dan kegiatan yang dan langkah yang harus dilakukan anak untuk mencapa hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah regulasi diri berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mahasiswa jurusan psikologi angkatan 2018 Uin Satu Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa psikologi islam angkatan 2018 di UIN Satu Tulungagung, berjumlah 100 responden. Adapun Skala yang digunakan sebagai instrumen pengumpulan data yaitu skala regulasi diri dan skala motivasi belajar. Peneliti mengambil metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS 23 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai F hitung = 13,424 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh pada regulasi diri terhadap motivasi belajar, sedangkan model summary, besarnya nilai korelasi / hubungan (R) sebesar 0,347, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,120, artinya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 12,0%, maka hipotesis diterima (positif). Kata Kunci: Regulasi Diri, Motivasi Belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi kepribadian |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308183019 NAYLA NUR MITSTAMIROTUL AWWALIYAH |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:26 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42182 |
Actions (login required)
View Item |