MANAJEMEN KONFLIK KELUARGA MUSLIM BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI YANG BELUM DIKARUNIAI ANAK (Studi Kasus Di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)

YUHANA RIZKI FARISTA, 12102193003 (2024) MANAJEMEN KONFLIK KELUARGA MUSLIM BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI YANG BELUM DIKARUNIAI ANAK (Studi Kasus Di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

Yuhana Rizki Farista, 12102193003, Manajemen Konflik Keluarga Muslim Bagi Pasangan Suami Istri yang Belum Dikaruniai Anak (Studi Kasus di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Eko Siswanto, S.H., M.H.I. Kata Kunci: Manajemen Konflik Keluarga, Keluarga Muslim Belum Dikaruniai Anak. Penelitian ini dilaterbelakangi oleh Pasangan suami istri muslim yang sudah beberapa tahun menikah akan tetapi belum juga dikaruniai anak. Belum hadirnya anak diantara pasangan suami istri yang sudah beberapa tahun berakibat kepada kebahagian dan keharmonisan dalam keluarga mereka. Dimana yang seharusnya keluarga hidup bahagia dan harmonis justru timbul konflik yang dipicu oleh factor belum dikaruniai anak ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konflik yang dihadapi oleh keluarga muslim yang belum dikaruniai anak di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana upaya penyelesaian konflik oleh keluarga muslim yang belum dikaruniai anak di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini: 1) Untuk mengetahui konflik yang dialami oleh keluarga muslim yang belum dikaruniai anak di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. 2) Untuk mengetahui upaya penyelesaian konflik yang dilakukan oleh keluarga muslim yang belum dikaruniai anak di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konflik yang dialami pasangan suami istri muslim di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri karena belum dikaruniai anak, adalah verbal aggression dan unbending spance sebagai akibat dari buruknya komunikasi dan perbedaan pendapat diantara pasangan. 2) Upaya pasangan suami istri muslim yang belum dikaruniai anak di Desa Deyeng, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri untuk menyelesaikan konflik dengan menerapkan gaya manajemen konflik kompromi dan kolaborasi yang dikemukakan oleh Thomas dan Khilmann.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193003 YUHANA RIZKI FARISTA
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:57
Last Modified: 15 Feb 2024 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42413

Actions (login required)

View Item View Item